Menu Close

Articles on obat

Displaying all articles

Ilustrasi yang menggambarkan bakteri di sebelah kanan resisten terhadap sebagian besar antibiotik. Wikipedia

Keampuhan antibiotik menurun, lima langkahmu bisa mencegahnya

Antibiotik berbeda dengan obat lainnya seperti obat penyakit kronis atau gejala penyakit ringan pada umumnya yang bekerja dengan memodifikasi proses fisiologis di dalam tubuh.
Petugas gabungan Balai Pengawas Obat dan Makanan dan Kepolisian memeriksa obat sirup di sebuah apotek di Cipocok, Kota Serang, Banten, 25 Oktober 2022. ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/h

Kasus obat sirup beracun: apa kewajiban industri farmasi dalam produksi obat aman dan bagaimana praktiknya?

Penarikan obat merupakan salah satu cara industri farmasi untuk menjaga kualitas produk dan pengendalian resiko dengan menarik produk yang bermasalah dari pasaran.
Petugas apotek mengumpulkan berbagai jenis merek obat sirup yang dilarang dijual untuk sementara waktu di Kendari, Sulawesi Tenggara, 20 Oktober 2022. ANTARA FOTO/Jojon/rwa.

Kontaminasi etilen glikol dan dietilen glikol dalam obat sirup akibatkan gagal ginjal akut? Empat hal yang perlu Anda ketahui

Otoritas kesehatan dan obat-obatan Indonesia harus segera menemukan bukti ilmiah soal ada atau tidaknya hubungan antara gagal ginjal akut pada ratusan anak-anak dan obat sirup yang mereka minum.
Petugas kesehatan menyuntik vaksin COVID-19 pada pemuda di halaman Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, 6 September 2021. ANTARA FOTO / Irwansyah Putra/hp

Peran meta-analisis dalam riset medis: khasiat ivermectin pada pasien COVID belum pasti

Jika biaya yang digunakan untuk memperoleh ivermectin dibebankan ke JKN, hal ini akan mengalihkan sumber daya yang seharusnya dapat digunakan untuk obat-obatan lain yang telah terbukti efektif.
Orang yang belum mengalami ketergantungan narkoba sering tidak tahu mengapa begitu sulit untuk menghentikan kebiasaan itu. www.shutterstock.com.au

Mengapa pecandu sangat sulit berhenti memakai narkotik?

Narkoba mengaktifkan dopamin dalam jumlah yang jauh lebih besar dibandingkan kegiatan pengaktif dopamin lainnya, seperti makan dan seks.
Penemuan obat bisa mendapatkan bantuan dari apa yang sudah dirancang oleh alam. Annie Spratt/Unsplash

Lendir pada ikan bisa menjadi obat antibiotik baru

Ketika resistansi antibiotik meningkat secara global, perlu alternatif baru dalam mengobati infeksi. Ahli kimia dapat mulai dengan melihat senyawa yang diproduksi di alam oleh ikan.

Top contributors

More