Menu Close

Articles on Kebahagiaan

Displaying all articles

Seorang laki-laki sedang fokus membangun otot adalah wujud visi dari orang-orang yang ikutserta dalam gerakan Nofap.

Apakah berhenti onani bermanfaat? Seorang ahli merespons

Gerakan online yang sedang berkembang seperti Nofap meyakini bahwa berhenti onani dapat membuat kita lebih bahagia dan meningkatkan kadar testosteron.
Pengemudi becak di Yogyakarta tengah bersenda gurau dengan rekannya. Walaupun dinobatkan sebagai provinsi termiskin di Pulau Jawa, nyatanya Yogyakarta menjadi salah satu provinsi dengan tingkat kebahagiaan tertinggi di Indonesia. Irfan Zharauri/Unsplash

Belajar dari Yogyakarta: kemiskinan tidak terbatas pada pengeluaran dan pendapatan - kebahagiaan pun merupakan capaian

Dinobatkannya Yogyakarta sebagai “provinsi miskin tapi bahagia” menunjukkan adanya kekurangan dalam metode pengukuran indeks kemiskinan di Indonesia – dan metode pengentasan yang tak tepat sasaran.
Data BPS menunjukkan adanya penurunan jumlah rumah tangga perikanan tangkap secara drastis dari 2 juta di tahun 2000 menjadi 966 ribu di tahun 2016. (Shutterstock)

Nelayan memang miskin, tapi riset buktikan mereka tetap bahagia

Nelayan tradisional adalah salah satu pekerjaan paling rentan secara ekonomi. Namun, penelitian saya menunjukkan bahwa beberapa kategori nelayan justru lebih bahagia dari pekerja di sektor lain.
Memikirkan masa lalu, seperti menulis buku harian, merupakan bagian dari menjadi manusia dan membantu kita membentuk identitas diri. Namun tidak semua kenangan dapat membantu. www.shutterstock.com

Mengapa kita mengingat-ingat masa lalu? Apa manfaatnya?

Mengingat-ingat masa lalu merupakan sesuatu yang wajar dan manusiawi. Namun, bila terlalu larut bisa berdampak negatif bagi kesehatan mental.
Ada beberapa penelitian bagus yang menunjukkan hubungan antara kualitas udara dengan kesehatan mental dan tingkat kebahagiaan seseorang secara keseluruhan. Helen Sushitskaya / shutterstock

Polusi udara mungkin pengaruhi tingkat kebahagiaan Anda

Penelitian baru dari Cina menunjukkan bukti bahwa terdapat hubungan langsung antara polusi udara dan tingkat kebahagiaan seseorang.
Melakukan pekerjaan seperti mencuci piring, mencuci dan menyetrika, memasak, serta memberi makan kepada anak atau bayi bukanlah semata-mata pekerjaan istri, tapi juga tanggung jawab suami. www.shutterstock.com

Apa rahasia perkawinan yang bahagia?

Sebuah survei yang dilakukan di Yogyakarta menunjukkan semakin fleksibel peran antara laki-laki dan perempuan dalam keluarga, maka akan semakin bahagia kehidupan mereka dalam keluarga.

Top contributors

More