Menu Close

Articles on Bisnis

Displaying 1 - 20 of 26 articles

Antara 2012 dan 2021, pendanaan untuk perusahaan rintisan teknologi AS melonjak menjadi $344 miliar. gorodenkoff/iStock via Getty Images

Apa perbedaan antara ‘startup’ dan bisnis lainnya?

Bisnis tradisional beroperasi dengan solusi yang sudah mapan untuk masalah yang sudah diketahui. Perusahaan rintisan berfokus pada produk atau layanan yang tidak disediakan oleh orang lain.
Teknologi semakin canggih dan dapat mengubah kehidupan kita.

Mengapa era revolusi industri 4.0 belum terwujud?

Banyak perusahaan yang lamban dalam memanfaatkan teknologi seperti AI dan 3D printing. Inilah yang menghalangi revolusi industri 4.0 untuk terwujud.
Seorang penjual lemang di sela menunaikan shalat Ashar sambil menunggu pembeli di kawasan Jalan Gatot Subroto Medan, Sumatera Utara, Selasa (5/5/2020). Pemerintah menyiapkan dua skema pemberian stimulus bagi usaha mikro kecil menengah ( UMKM) yang terdampak COVID-19, yakni melalui mekanisme moneter diberikan kepada usaha yang masih bisa bertahan dan bantuan sosial diberikan kepada UMKM di sektor mikro dan ultramikro yang sudah tidak bisa berjualan. ANTARA FOTO/Septianda Perdana/hp. Antara Foto

Kemampuan beradaptasi adalah kunci pengusaha UKM bisa sukses di Indonesia

Seorang pengusaha handal yang mampu berinovasi dan beradaptasi terhadap berbagai kondisi akan sangat menentukan keberlangsungan usaha, khususnya di tengah pandemi COVID-19 ini.
Terminal 3 di bandara Soekarno-Hatta yang sepi, 4 Mei 2020. Credit: Koji Hachiyama

Perjanjian ASEAN-EU CATA dengan Uni Eropa dapat menjadi kunci pemulihan maskapai penerbangan di ASEAN

Merebaknya wabah COVID-19 membuat negara-negara ASEAN menerapkan beberapa kebijakan drastis di sektor angkutan di antaranya lewat pengetatan prosedur masuknya warga negara asing lewat transportasi udara…
Tanker-tanker milik Pertamina di stasiun Kertosono. ikhlasulamal/flickr

Kepemimpinan yang beretika diperlukan untuk memulihkan integritas BUMN

Menteri BUMN yang baru berupaya menanamkan kepemimpinan yang beretika di BUMN, tetapi menemukan pemimpin yang memiliki rekam jejak bersih dan bebas kontroversi bukanlah perkara mudah.
Startup yang didanai melalui pinjaman perusahaan dapat lebih sukses dari mereka yang hanya menggunakan pinjaman pribadi atau tidak memiliki pinjaman sama sekali. (shutterstock)

Rahasia sukses membangun startup

Startup yang didanai melalui pinjaman bisnis dapat lebih sukses dari mereka yang hanya menggunakan pinjaman pribadi atau ekuitas.

Top contributors

More