Menu Close

Articles on Disabilitas

Displaying 1 - 20 of 28 articles

Deklarasi pemilu akses ramah disabilitas. Muhammad Adimaja/Antara Foto

Penyandang disabilitas rentan dijadikan ‘vote getter’ dalam pemilu, namun haknya diabaikan

Publik patut mewaspadai jika antusiasme pejabat politik terhadap penyandang disabilitas hanya strategi untuk mendulang suara dalam Pemilu 2024.
Banyak orang antre untuk pengobatan tradisional Ida Dayak di Markas Kostrad Cilodong, Depok, Jawa Barat, 3 April 2023. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/rwa.

Pengobatan alternatif dan klaim kesembuhan penyandang disabilitas: mispersepsi yang perlu diluruskan

Kita semua bertanggung jawab untuk terus mengawal pemenuhan hak-hak kesehatan yang inklusif. Kita harus mengakhiri mispersepsi dan stigma terkait penyandang disabilitas.
Petugas kesehatan menyiapkan vaksin COVID-19 di Balai Kota Yogyakarta, 15 Desember 2022. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/foc

Riset: Takut “hukuman” administratif, salah satu pendorong terbesar kelompok rentan ikut vaksinasi COVID

Cakupan vaksinasi COVID-19 tidak terlepas dari kesiapan daerah dengan menyediakan lokasi vaksinasi yang dekat dengan tempat tinggal dan program vaksinasi massal.
Peringatan Hari Ibu di Jakarta. Darryl Ramadhan/Antara Foto

Melepas karir, mendapat stigma dan sinisme: Bagaimana tantangan yang dihadapi ibu dengan anak disabilitas

Ibu membutuhkan perhatian dan dukungan agar dalam mengasuh anak disabilitasnya mereka bisa tetap berdaya, resilien, serta dapat terpenuhi hak-haknya.
Peringatan Hari Disabilitas Internasional di Bali. Nyoman Hendra Wibowo/Antara Foto

Hati-hati dengan ableisme: stigma diskriminatif yang berbahaya bagi penyandang disabilitas

Kita memandang penyandang disabilitas sebagai orang yang tidak dapat melakukan apa-apa, sehingga perlu “diperbaiki” agar mereka mampu untuk melakukan berbagai hal.
Beberapa pasien COVID-19 mengalami gejala yang melemahkan selama berbulan-bulan. Sharply_Done/E+ via Getty Images

Long COVID: disabilitas baru yang sulit mendapatkan perlakuan layak

Berbicara tentang perawatan, penelitian tentang long COVID telah menghasilkan pedoman pengobatan yang diusulkan, yang menjanjikan untuk membantu orang hidup lebih baik dengan kondisi tersebut.
Penyandang disabilitas di Surabaya, Jawa Timur sedang antre untuk mendapatkan vaksin COVID-19. ANTARA FOTO/Didik Suhartono/rwa.

Strategi penyandang disabilitas di Sulawesi Selatan berjuang melawan pandemi

Riset terbaru kami menunjukkan bahwa kelompok penyandang disabilitas di Sulawesi Selatan memiliki beberapa strategi untuk membantu mereka berjuang selama pandemi.
Sebagian kerusakan akibat Siklon Tropis Seroja di Dili, Timor Leste, pada April 2021. Kandhi Barnez/AP

Mengapa melibatkan penyandang disabilitas dalam persiapan bencana memiliki dampak lebih baik

Mengesampingkan penyandang disabilitas dalam persiapan dan menanggapi bencana membuat mereka semakin rentan. Ada bentuk kemitraan baru yang memungkinkan mereka memainkan peran lebih penting dan aktif.
Sebuah studi menemukan bahwa 86% dari 1.683 responden penyandang disabilitas yang bekerja mengalami penurunan pendapatan hingga 80% selama pandemi COVID-19. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Bagaimana COVID-19 memperparah kesejahteraan penyandang disabilitas di Indonesia

Penyandang disabilitas adalah kelompok rentan yang paling parah merasakan dampak COVID-19. Berdasarkan suatu studi, 86% dari 1.683 responden perkerja difabel berkurang penghasilannya hingga 80%.

Top contributors

More