Menu Close

Articles on Emosi

Displaying all articles

apa itu cinta.

Apa itu cinta menurut riset dan sains

Banyak orang mengalami cinta secara berbeda. Namun, terlepas dari perbedaan dalam cara mengalaminya dan bagaimana cinta berubah seiring waktu, manusia adalah makhluk sosial yang sangat terpesona olehnya.
Hampir 1 dari 5 remaja di seluruh dunia secara sengaja menlukai diri mereka setiap tahunnya. (xijian/E! via Getty Images)

Kenapa remaja melakukan self-harm? Psikolog klinis jelaskan cara membantu anak muda meredakan tekanan emosional

Riset baru menunjukkan banyak anak muda melaporkan rasa lega sesaat setelah tindakan self-harm. Tapi ada cara-cara untuk membantu remaja menggantikan perilaku melukai dengan kebiasaan yang sehat.
Memikirkan masa lalu, seperti menulis buku harian, merupakan bagian dari menjadi manusia dan membantu kita membentuk identitas diri. Namun tidak semua kenangan dapat membantu. www.shutterstock.com

Mengapa kita mengingat-ingat masa lalu? Apa manfaatnya?

Mengingat-ingat masa lalu merupakan sesuatu yang wajar dan manusiawi. Namun, bila terlalu larut bisa berdampak negatif bagi kesehatan mental.
Penggunaan gadget dengan intensitas rendah lebih baik untuk anak-anak. shutterstock.com

Mengapa waktu bermain gadget untuk anak dan remaja harus dibatasi?

Pakar memperingatkan bahwa waktu penggunaan gadget yang berlebihan meningkatkan risiko obesitas, kebugaran fisik yang rendah, kecemasan dan depresi.
Anda bersiap untuk kehilangan kesabaran. Tapi seberapa laparkah Anda dan seberapa besar hal tersebut menimbulkan gangguan di sekitar Anda? Perfectlab/Shutterstock

Kapan lapar menyebabkan marah? Ini tiga kiat mencegahnya makin memburuk

Terlambat makan dapat mendorong Anda menuju suasana hati yang buruk. Tetapi peneliti terbaru mengidentifikasi situasi kelaparan seperti apa yang paling mungkin mengarah ke perasaan hanger.
Terisolasi secara sosial terkait dengan naiknya tekanan darah tinggi dan depresi. Mindmo/shutterstock.com

Rasa sepi buruk untuk kesehatan

Isolasi sosial terkait dengan meningkatnya tekanan darah, penurunan kemampuan kognitif, dan bahkan meningkatnya kemungkinan kematian prematur.

Top contributors

More