Menu Close

Articles on Instagram

Displaying 1 - 20 of 21 articles

Aktivitas berbagi informasi tentang anak di media sosial adalah fenomena yang semakin marak, terutama di kalangan ibu-ibu. Ivan Marc/shutterstock.

Riset: literasi digital tak pengaruhi aktivitas orang tua berbagi informasi anak di media sosial

‘Sharenting’ atau aktivitas orang tua membagikan informasi anak di media sosial memiliki berbagai risiko. Untuk menghindarinya, orang tua perlu memiliki literasi digital. Benarkah demikian?
Influencer seperti Kim Kardashian, yang memiliki 307 juta pengikut di Instagram, perlu mewaspadai keterlibatan yang bermasalah. (Photo by Evan Agostini/Invision/AP)

Sisi gelap influencer media sosial

Influencer perlu menyadari bahwa beberapa pengikut mereka mungkin memiliki hubungan yang tidak sehat dengan media sosial. Meskipun kontras dengan tujuan mereka, influencer dapat membantu menciptakan hubungan yang sehat.
Perusahaan Mark Zuckerberg mengatakan semua baik-baik saja, tetapi data yang disajikan hanya tentang bagaimana rata-rata pengguna media sosial. AP Photo/Eric Risberg

Ribuan orang rentan yang dirugikan oleh Facebook dan Instagram tidak tampak dalam data Meta

Penelitian dari Meta dan beberapa ilmuwan tidak menunjukkan bahaya media sosial, tetapi penelitian lain dan kesaksian pelapor menunjukkan sebaliknya. Walau tampak kontradiktif, keduanya bisa benar.
Saat ini, semakin banyak orang yang menjadi kreator konten. Namun, banyak konten yang diunggah justru kontroversial dan memicu polemik sosial. (Unsplash/Steve Gale)

Bagaimana kreator konten bisa menghasilkan karya yang berpihak pada masyarakat dan kemanusiaan

Semakin banyak orang kini menjadi kreator konten. Namun, banyak konten yang diunggah justru kontroversial dan memicu polemik sosial. Konsep “kewarganegaraan digital” dalam berkarya bisa jadi solusi.
Saat kita melihat jaringan online kita lewat analogi pipa, bukan prisma, jumlah yang kecil akan menjadi penting dan tampak berharga. (Shutterstock)

Dalam hubungan di sosial media, yang besar bukan berarti lebih baik

Jika Anda ingin memberi dan mendapatkan bantuan dari jaringan online Anda, penelitian baru menyarankan agar jumlah “teman” Anda tetap rendah.
Mungkin untuk membatasi keterpaparan Anda dengan gambar tubuh yang terasa jauh dari jangkauan - jadi pilihlah dengan bijak siapa yang Anda ikuti. Hannah Grace/Unsplash

Cerdas mengikuti konten media sosial bisa bantu perempuan bangun citra tubuh positif

Positivitas tubuh bertujuan untuk menantang standar kecantikan yang dangkal dan menganjurkan penerimaan dan apresiasi tubuh dalam segala bentuk, ukuran, dan penampilan.
Hannah Shaw (Kitten Lady), dengan influencer Instagram BriAnne Wills (@girlsandtheircats) pada sebuah acara promosi di New York, Feb 2018. Loren Wohl for Fresh Step/AP

Perburuan sia-sia mendapatkan likes di media sosial

Meskipun beberapa pengguna media sosial dapat memonetisasi “like” di media sosial mereka, kita justru melakukannya tanpa tujuan & malah mengubah kita menjadi pion untuk penggunaan politik & komersil

Top contributors

More