Menu Close

Articles on penyakit menular

Displaying 1 - 20 of 114 articles

Debat kelima pemilihan calon presiden 20224 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, 4 Februari 20224. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww

Tuberkulosis tembus 1 juta kasus, seberapa serius calon presiden punya janji mengeliminasinya?

Indonesia punya target mengeliminasi TBC pada 2030. Apakah ketiga calon presiden dan wakilnya, memiliki rencana yang jelas dan terukur untuk menurunkan kasus TBC?
Ilustrasi yang menggambarkan bakteri di sebelah kanan resisten terhadap sebagian besar antibiotik. Wikipedia

Keampuhan antibiotik menurun, lima langkahmu bisa mencegahnya

Antibiotik berbeda dengan obat lainnya seperti obat penyakit kronis atau gejala penyakit ringan pada umumnya yang bekerja dengan memodifikasi proses fisiologis di dalam tubuh.
Ilustrasi pasien tuberkulosis. Myupchar/Wikipedia

Indonesia perlu tingkatkan pendanaan tiga kali lipat untuk kendalikan tuberkulosis – inilah awal yang harus dilakukan

Indonesia merupakan negara dengan tingkat penderita TBC tertinggi kedua di dunia – tapi kurangnya pendanaan berarti tidak cukup banyak orang yang dapat didiagnosis dan diobati dengan cukup cepat.
Gambaran hasil analisis mikroskop dari partikel virus Nipah (merah) dan sel Vero yang terinfeksi (biru). Gambar dari Fasilitas Penelitian Terpadu NIAID di Fort Detrick, Maryland, AS. NIAID

Wabah virus Nipah di India: sejauh mana terobosan riset vaksin dan obat untuk melawannya?

Virus ini memiliki nilai persentase tingkat kematian sekitar 75%. Artinya, jika terinfeksi, maka kemungkinannya dapat menyebabkan kematian sejumlah tiga dari empat kasus.
Keterlambatan mengobati penyakit kusta berdampak pada disabilitas seumur hidup. NLR

Mengapa kusta di Indonesia belum juga hilang?

Kusta ditularkan melalui cipratan atau percikan air liur yang keluar dari hidung atau mulut ketika batuk, bersin, atau berbicara, selama kontak erat dengan penderita yang tidak diobati.
Wabah virus Nipah di Kerala (2021) Associated Press/Alamy Stock Photo

Virus Nipah mewabah di India: apa yang perlu kamu tahu

Sebagian besar infeksi diperkirakan berasal dari kontak dengan hewan yang terinfeksi, baik kelelawar buah itu sendiri atau dari hewan perantara seperti babi.
Burung liar seperti pelikan dan bebek terinfeksi – dan mati karena – strain baru flu burung dan telah menyebarkannya ke hewan ternak di seluruh dunia. Klebher Vasquez/Anadolu Agency melalui Getty Images

Apa itu limpahan virus? Wabah flu burung tekankan perlunya deteksi dini untuk cegah pandemi besar berikutnya

Ahli epidemiologi memproyeksikan bahwa risiko limpahan virus dari satwa liar ke manusia akan meningkat pada tahun-tahun mendatang.

Top contributors

More