Menu Close

Ana Nadhya Abrar

Dosen, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Gadjah Mada

Ana Nadhya Abrar (Abrar) lahir di Bukittinggi, 20 Februari 1959. Dia mulai mengenal jurnalisme tahun 1982, saat mengikuti Kursus Jurnalistik Tingkat Dasar yang diadakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bukittinggi. Kemudian dia berkuliah di Jurusan Publisistik UGM. Tahun 1994 dia memperoleh gelar M.E.S. dalam jurnalisme lingkungan Hidup dari York University, Toronto, Kanada. Enam belas tahun kemudian, persisnya tahun 2010, dia memperoleh gelar Ph.D dalam jurnalisme dari Universiti Malaya, Kuala Lumpur, Malaysia.

Sejak 1983 hingga 2020, Abrar menulis 317 artikel, 40 kolom tentang media massa, jurnalisme, cerita perjalanan, dan dunia virtual di beberapa surat kabar dan majalah Indonesia serta dalam majalah Jepang meliputi: Kedaulatan Rakyat, Bernas, Radar Yogya, Yogya Post (Yogyakarta); Jawa Pos, Surabaya Post (Surabaya); Suara Merdeka (Semarang); Kompas, Jayakarta, Pelita, Gatra, Matra, Gamma, Tarbawi, Kompas.com, Koran Tempo (Jakarta); Solopos (Solo); Haluan (Padang); News Network Asia (Tokyo). Kecuali itu, Abrar juga menulis 38 judul buku dan menyunting 10 judul buku sejak 1992 hingga 2020.

Selain menulis dan menyunting buku, Abrar juga menulis artikel di jurnal internasional bereputasi. Salah satunya di jurnal yang terindeks Scopus. Hasilnya, dia sudah memiliki Scopus ID, yakni: 57209968848.

Sejak 1992, Abrar tinggal di Jogjakarta. Kini .dia dikenal sebagai orang yang menekuni 3MJ, Mengajar Jurnalisme, Menelaah Jurnalisme dan Mempraktikkan Jurnalisme. Untuk yang terakhir ini, dia melakukannya dengan menulis biografi, otobiografi, profil lembaga, obituari, dan mozaik profil tokoh. Dia sudah menulis lima biografi, satu otobiografi, satu obituari, tiga mozaik profil tokoh dan tiga profil lembaga.

Experience

  • –present
    Dosen, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Gadjah Mada