Menu Close
Researcher and Policy Analysis in Public Health Laboratory, Ministry of Health Indonesia, Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan Kementerian Kesehatan

Kambang Sariadji adalah peneliti dan Analis Kebijakan aktif di Pusat Penelitian dan Pengembangan Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI yang saat ini menjadi Laboratorium Rujukan Nasional Labkesmas. Pendidikan terakhirnya adalah Magister Biomedik di Fakultas Kedokteran UI. Aktif sebagai peneliti dan Analis kebijakan bidang biomedis dan juga seorang penulis buku dan jurnal terbitan nasional dan internasional yang berhubungan dengan penyakit potensi wabah.

Aktifitasnya terfokus pada kegiatan penelitian di laboratorium Mikrobiologi dalam hal penanganan kasus penyakit infeksi yang berpotensi wabah bersumber dari agen bakteri seperti Difteri, pertusis, diare kolera, Legionelosis, leptospirosis, anthrax, dan keracunan pangan.Sering juga memberikan pelatihan di dinas kesehatan provinsi dan kabupaten/kota di beberapa daerah dalam hal penanganan spesimen penyakit potensi wabah, teknik pemeriksaan laboratorium bakteriologi, biosafety biosecurity, Penanganan Pengiriman Spesimen Infeksius Melalui Udara serta keracunan pangan. Pernah ikut sebagai Tim ahli Bioweapon di Kementerian Luar Negeri sebagai bagian upaya pencegahan bioterorisme.

Experience

  • 2022–2023
    Manager Biobank, Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan
  • 2020–2022
    Anggota Komisi Etik, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kemenkes RI
  • 2009–2022
    Peneliti Bidang Biomedis, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kemenkes RI
  • 2020–2022
    Penanggung Jawab LIMS dan Biorepository, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kemenkes RI
  • 2012–2017
    Penanggung Jawab Laboratorium Bakteriologi, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kemenkes RI

Education

  • 2011 
    Universitas Indonesia, S2 Biomedik

Honours

Peneliti Produktif Tahun 2014