Menu Close
Startup yang didanai melalui pinjaman perusahaan dapat lebih sukses dari mereka yang hanya menggunakan pinjaman pribadi atau tidak memiliki pinjaman sama sekali. (shutterstock)

Rahasia sukses membangun startup

Memulai bisnis baru dapat menyenangkan tetapi juga membuat stress. Di antara tugas-tugasnya, seorang pengusaha harus mengumpulkan cukup dana untuk usaha mereka. Namun kenyataannya jenis pendanaan itu penting, bukan hanya masalah jumlahnya saja. Startup yang mengajukan pinjaman perusahaan cenderung mengungguli mereka yang menggunakan pinjaman pribadi atau tidak memiliki pinjaman sama sekali.

Hanya sedikit bisnis baru hanya mengandalkan pembiayaan dari pemiliknya. Survei dari perusahaan rintisan di Amerika Serikat menemukan tiga perempat dari seluruh startup memiliki pinjaman.

Sekitar 55% dari startup menggunakan pinjaman pribadi atas nama pemilik. Contohnya termasuk pinjaman pribadi dari bank dan pinjaman dengan jaminan rumah. Sekitar 44% menggunakan pinjaman perusahaan, seperti pinjaman bank yang ditanggung perusahaan. Dan 24% nya menggunakan kredit perdagangan dari pelanggan mereka. Misalnya, mereka akan menunggu 30 hari untuk membayar tagihan kepada pelanggan mereka.

Pentingnya jenis pinjaman

Rincian pembiayaan startup ini patut dicatat, karena penelitian terbaru menunjukkan hubungan yang signifikan antara penggunaan (atau jenis) pinjaman dan keberhasilan usaha. Dibandingkan dengan perusahaan yang hanya memiliki ekuitas, perusahaan pemula yang awalnya menggunakan pinjaman perusahaan justru memiliki pendapatan rata-rata lebih tinggi dan tingkat ketahanan bisnis yang lebih lama, yakni hingga tiga tahun kemudian.

Sebaliknya, perusahaan yang menggunakan pinjaman pribadi cenderung memiliki pendapatan yang lebih rendah dan tingkat ketahanan bisnis yang cenderung lebih singkat. Menggunakan kredit perdagangan tampaknya juga tidak begitu berpengaruh.

Penelitian ini memang tidak menjelaskan mengapa penggunaan pinjaman perusahaan lebih untung daripada pinjaman pribadi. Tetapi ada beberapa kemungkinan alasan yang dapat menjawab alasan tersebut.

Pemberi pinjaman memilih kandidat yang lebih kuat?

Satu penjelasan yang berkaitan dengan prosedur pengajuan pinjaman yang berbeda-beda. Ini secara tidak langsung dapat membedakan antara usaha yang lebih menjanjikan dan yang kurang menjanjikan.

Bank tentunya ingin uang pinjaman mereka kembali. sehingga ketika mempertimbangkan aplikasi pengajuan pinjaman dari perusahaan, mereka dengan hati-hati meninjau rencana dan prospek dari startup yang mengajukan pinjaman.

Sebagai perbandingan, untuk pinjaman pribadi, bank hanya fokus pada kelayakan personal si pengaju pinjaman. Mereka bahkan mungkin tidak tahu bahwa pemilik menggunakannya untuk membangun startup.

Akibatnya, startup yang memiliki rencana lebih kuat cenderung memenuhi syarat untuk mendapatkan pinjaman perusahaan. Dengan mengetahui hal ini, pemilik dari startup yang kuat tersebut cenderung mengajukan pinjaman tersebut.

Pemilik dari startup yang kurang menjanjikan justru cenderung meminta dan menerima pinjaman pribadi.

Pemantauan pinjaman membantu keberhasilan?

Kemungkinan faktor lain yang menentukan keberhasilan sebuat startup muncul setelah bank menerbitkan pinjaman. Untuk pinjaman perusahaan, bank cenderung memantau kinerja perusahaan secara lebih dekat untuk meningkatkan peluang kembalinya uang pinjaman mereka. Mereka dapat memberi tahu pemilik jika ada bahaya yang muncul.

Bank juga dapat menghubungkan para pemilik startup dengan para ahli seperti akuntan dan pengacara. Oleh karena itu pemantauan pinjaman dapat membantu agar startup memiliki kinerja yang baik.

Pemilik startup yang memilih meminjam uang dari bank akan mendapat manfaat dengan mendapatkan saran dan bimbingan dari pemberi pinjaman. (Shutterstock)

Selanjutnya, pinjaman perusahaan dapat membuat startup membangun peringkat kreditnya dan mendapatkan pinjaman berikutnya untuk tumbuh di masa depan. Dan perusahaan yang memiliki hubungan lebih lama dengan perbankan dapat menegosiasikan persyaratan pinjaman yang lebih baik.

Di sisi ekuitas, penelitian sebelumnya menunjukkan pinjaman perusahaan membantu perusahaan dalam mendapatkan dana segar dari modal ventura. Mereka juga menerima penilaian yang lebih tinggi pada penawaran saham publik perdana mereka ketika ditanggung oleh bank.

Beberapa perusahaan melewatkannya

Sayangnya, beberapa perusahaan melewatkan kesempatan ini. Studi lain meneliti keputusan yang diambil perusahaan swasta kecil ketika meminjam uang. Beberapa tidak menginginkan pinjaman, beberapa berhasil mendapatkannya, dan beberapa mengajukan pinjaman tetapi ditolak.

Menariknya, seperempat dari perusahaan yang membutuhkan pinjaman bahkan tidak mengajukan apa pun. Mereka terlalu putus asa dengan proses itu. Mereka pikir bank akan menolaknya, sehingga mereka tidak mencobanya.

Meskipun analisis lebih lanjut menyatakan hasilnya tidak sampai seburuk itu. Setidaknya sepertiga dari perusahaan kecil sesungguhnya memiliki kualifikasi untuk pinjaman yang mereka ajukan.

Saran untuk startup

Hasil ini memiliki implikasi bagi para pengusaha. Pertama, bahkan jika mereka tidak membutuhkan pinjaman untuk mempertahankan bisnis nya, pemilik startup mungkin mendapat manfaat dari bank tersebut. Uang tambahan yang mereka dapatkan bisa membantu perusahaan mereka tumbuh lebih cepat.

Jika mereka memilih untuk meminjam, maka mereka tidak diizinkan menggunakan pinjaman pribadi mereka dan memaksimalkan pinjaman lewat kartu kredit. Mereka harus berusaha untuk mendapatkan pinjaman bisnis, bahkan jika mereka membutuhkan usaha lebih banyak.

Kedua, pengusaha yang menolak untuk mengajukan pinjaman bagi perusahaan harus melihatnya sebagai umpan balik atas ukuran keberhasilan perusahaan startup tersebut. Ini adalah bukti proposal bisnis mereka, apa pun kelebihannya, mungkin perlu ditingkatkan.

Beberapa pengusaha mungkin hanya perlu memperbaiki rencana bisnis yang masih belum jelas. Sedangkan yang lain mungkin ingin merancang ulang produk mereka atau mencari alternatif pasar. Peningkatan semacam itu mungkin tidak hanya mendapatkan mereka pinjaman, tapi juga meningkatkan peluang keberhasilan bisnis mereka.

Mendukung pengusaha

Hasil penelitian juga menunjukkan, pendidikan dan saran adalah cara lain untuk membantu pemilik startup untuk mau mengajukan pinjaman bisnis. Perusahaan seperti Innovate Niagara dan Toronto’s MaRS Discovery Districtdapat memberikan informasi kepada pengusaha tentang manfaat pinjaman buat perusahaan. Mereka juga bisa membimbing para pengusaha melalui aplikasi online.

Ini bisa membantu para pengusaha baru untuk terlihat lebih berpengalaman. Pengusaha dengan lebih banyak pendidikan dan pengalaman biasanya mengajukan pinjaman perusahaan lebih banyak, dan pinjaman pribadi lebih sedikit.

Pembuat kebijakan juga harus membantu memastikan pinjaman tersebut tersedia. Mereka bisa melakukan penyesuaian terhadap peraturan-peraturan terkait pinjaman dan pajak pinjaman.

Tetapi itu tidak termasuk uang pinjaman pemerintah itu sendiri, atau melalui agen pembangunan untuk menyediakan pinjaman yang mudah dikualifikasi. Jika keuntungan dari pinjaman perusahaan seleksi dan proses pemantauan bank, maka proses tersebut menjadi kontra produktif.

Titik itu mungkin sangat menarik bagi politisi pasar bebas. Mereka dapat membantu bisnis tanpa memberi persyaratan.

(Janji politik dari partai Konservatif Progresif yang memenangkan pemilihan di Ontario mungkin dapat menjadi perhatian kita. Mereka telah berjanji untuk membantu provinsi Ontario “terbuka untuk bisnis” dan pada saat yang bersamaan juga bertanggung jawab secara fiskal.)

Pemberi pinjaman alternatif?

Penelitian selanjutnya mungkin dapat menyelidiki dampak pinjaman perusahaan dari institusi non-bank. Misalnya, serikat kredit yang biasanya memiliki hubungan lebih baik dengan anggota dan komunitas mereka. Mereka juga dapat melakukan pemilihan dan pemantauan startup secara lebih baik dibandingkan bank.

Sebaliknya, beberapa perusahaan berbasis teknologi finansial mungkin menawarkan pinjaman bisnis dengan metode yang relatif terbuka seperti urun dana. Tetapi mereka mungkin tidak menghasilkan manfaat yang sama seperti pinjaman bank biasanya.

This article was originally published in English

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 182,400 academics and researchers from 4,942 institutions.

Register now