Menu Close

Articles on Bencana alam

Displaying 1 - 20 of 24 articles

Warga berjalan melintasi banjir di Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, pada Jumat, 17 Maret 2023. Berdasarkan data BPBD Kabupaten Hulu Sungai Tengah, sebanyak 4.188 jiwa dan 1.340 rumah di lima Kecamatan terdampak banjir. ANTARA FOTO/Bayu Pratama S

Bolak-balik diterjang banjir, pemerintah bisa lindungi masyarakat rentan lewat bantuan responsif bencana - tapi perbaikan diperlukan

Banjir bolak-balik menenggelamkan rumah warga di Indonesia. Perlindungan Sosial Adapatif (PSA) bisa membantu warga rentan, namun masih ada beberapa aspek yang perlu diperbaiki pemerintah.
Warga duduk di depan rumahnya yang terendam banjir di Tirto, Pekalongan, Jawa Tengah, akibat hujan deras dan lebat disertai angin kencang pada Rabu, 22 Maret 2023. Pekalongan merupakan salah satu kabupaten di Pulau Jawa yang sering terkena banjir. ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/rwa.

Program bantuan sosial bisa membuat warga miskin lebih tangguh hadapi bencana, bagaimana caranya?

Bencana alam menghancurkan sumber daya yang dimiliki masyarakat miskin dan semakin membuat mereka terjebak dalam kemiskinan. Bantuan sosial yang sudah ada bisa diperkuat untuk memutus rantai ini.
Seorang pasien dan anaknya yang menjadi korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Wahyu Putro A/Antara Foto

Bagaimana perempuan rentan mengalami kekerasan berbasis gender saat kondisi darurat bencana

Perempuan mengalami kekerasan berbasis gender mulai dari tahap pencegahan dan mitigasi bencana, sesaat setelah bencana, masa pengungsian, hingga pemulihan pascabencana.
Fadli Taha (45 tahun) berpose dengan foto keluarganya di depan rumahnya yang tertimbun material guguran awan panas Gunung Semeru di Desa Sumberwuluh, Lumajang, Jawa Timur, Selasa 7 Desember 2021. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/foc.

Mengapa sistem peringatan dini gagal selamatkan nyawa penduduk di sekitar gunung Semeru

Salah kaprah media dan berbagai lembaga pemerintah terjadi karena kesulitan membedakan karakter ancaman primer dan ancaman sekunder, dan implikasinya pada sistim peringatan dini yang holistik
Banjir merendam permukiman di Kecamatan Barabai, Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, 19 November 2021. Teknologi antariksa berperan untuk mitigasi banjir. ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/wsj

Tiga alasan Indonesia perlu meningkatkan diplomasi antariksa di Indo-Pasifik

Diplomasi antariksa saat ini jauh berbeda dari awal kemunculan pada Perang Dingin yang sarat kepentingan politik perebutan pengaruh Blok Barat dan Blok Timur.
Sebagian kerusakan akibat Siklon Tropis Seroja di Dili, Timor Leste, pada April 2021. Kandhi Barnez/AP

Mengapa melibatkan penyandang disabilitas dalam persiapan bencana memiliki dampak lebih baik

Mengesampingkan penyandang disabilitas dalam persiapan dan menanggapi bencana membuat mereka semakin rentan. Ada bentuk kemitraan baru yang memungkinkan mereka memainkan peran lebih penting dan aktif.
Gunung Merapi di Jawa Tengah merupakan salah satu gunung api paling berbahaya di Indonesia. Boy Triharjanto/EPA

Hidup dengan bencana alam–bagaimana menghadapi budaya pasrah di Indonesia

Baik sebagai respons langsung terhadap bencana atau sebagai cara utuk dapat menghadapi dampak bencana, banyak anggota masyarakat menanggapi ketidakpastian dari alam dengan sikap “lihat saja nanti”.
Orang mengambil selfie di lokasi reruntuhan gedung akibat gempa di Palu, Sulawesi Tengah bulan Oktober lalu. Hotli Simanjuntak/EPA

Suka ambil selfie di lokasi bencana pertanda gangguan kejiwaan

Mengambil selfie di lokasi bencana adalah perilaku yang tidak dapat dibenarkan karena di samping membahayakan , perilaku tersebut menunjukkan gangguan mental.
Seorang laki-laki duduk di kursi belakang sepeda motor memanggul layar televisi yang dijarah dari sebuah pusat perbelanjaan di Palu, Sulawesi Selatan, 30 September 2018. EPA/Mast Irham

Pembelajaran di balik aksi penjarahan pasca gempa Palu

Bagaimana kita bisa menjelaskan aksi penjarahan pasca bencana yang terjadi di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Top contributors

More