Menu Close

Articles on patriarki

Displaying all articles

Organisasi Dharma Wanita Persatuan. Akun Instagram @dharmawanitapersatuan.id

Terjebak ‘Ibuisme’: mampukah Dharma Wanita menjadi organisasi progresif dalam perjuangan kesetaraan gender?

Dharma Wanita merupakan warisan Orde Baru yang melanggengkan patriarki melalui ideologi Ibuisme. Mampukah organisasi ini menjadi lebih progresif di era sekarang?
Ilustrasi perempuan menolak menikah. evrymmnt/Shutterstock

Resesi seks dan waithood: mengapa banyak perempuan pilih menunda menikah?

Studi literatur menemukan bahwa perempuan Indonesia mulai menunda untuk menikah pada usia matang. Persepsi para kaum muda tentang pernikahan dan korelasinya dengan kualitas hidup telah bergeser.
Jacob Elordi as Nate in Euphoria. HBO.

Apa itu ‘toxic masculinity’ dan dari mana asalnya?

Toxic masculinity telah digunakan untuk menjelaskan segala hal, seperti terpilihnya Donald Trump menjadi presiden di Amerika Serikat. Tapi apa arti sebenarnya dari istilah toxic masculinity?
Ilustrasi laki-laki setara dengan perempuan. Freepik

Benarkah parkir khusus perempuan kontradiktif dengan kesetaraan gender? Ternyata masih banyak salah kaprah tentang feminisme

Pandangan umum – yang salah dan menyesatkan – soal feminisme adalah saat esensi kesetaraan gender hanya dilihat ketika perempuan bisa melakukan hal-hal yang sama seperti laki-laki.
Laki-laki kerap tidak dipercaya jika menjadi korban kekerasan seksual. Freepik

Laki-laki juga rentan jadi korban kekerasan seksual, bukti kentalnya toxic masculinity dan budaya patriarki di Indonesia

Budaya toxic masculinity yang dilahirkan oleh masyarakat patriarki diyakini menjadi sumber dari tabunya kenyataan bahwa laki-laki dapat menjadi korban kekerasan seksual.
Putri Munawaroh, istri terduga teroris Hadi Susilo, saat menunggu sidang dengan agenda pembacaan vonis di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, pada 2010. Puspa Perwitasari/Antara Foto

Budaya patriarki dan doktrin keagamaan berperan penting dorong perempuan terlibat aksi terorisme

Tindakan perempuan dalam aksi terorisme masih lebih berat terkait pada posisi mereka dengan segenap situasi yang melingkupi dirinya sebagai penganut agama dan perempuan yang taat.

Top contributors

More