Menu Close

Articles on Sepak Bola

Displaying 1 - 20 of 28 articles

Manchester City berhasil meraih juara Liga Champions 2022-2023 usai mengalahkan Inter Milan pada laga final di Stadion Olimpiade Ataturk pertengahan tahun lalu. Gevorg Ghazaryan/shutterstock

Tak adilnya aturan keuangan Liga Primer Inggris: poin Everton dikurangi, Manchester City didenda minim

Uang bisa menentukan kekuatan klub bola. Aturan keuangan di Uni Sepak Bola Eropa (UEFA) ada demi menjamin adilnya kompetisi ini. Sayang, aturannya masih cenderung berat sebelah.
Pelé menginspirasi jutaan orang dengan kemampuan bermainnya di lapangan sepak bola, tetapi ia juga harus menunjukkan kekuatan untuk melepaskan dirinya dari kendala sosial olahraga. Pictorial Parade/Archive Photos/Getty Images

Melihat karir Pelé di luar lapangan: melawan diktator dan rasialisme di Brasil

Pelé menjadi simbol diaspora orang-orang kulit hitam, titik referensi pan-Afrika, dan ikon kosmopolitan.
Pemain Tim Nasional Argentina memenangkan Piala Dunia FIFA 2022 di Qatar. Martin Meissner/AP Photo

Piala Dunia FIFA 2022: Sebuah turnamen penuh kejutan dan kontroversi

Selama perhelatan Piala Dunia FIFA 2022, banyak yang menyoroti bagaimana turnamen tersebut penuh kontroversi dan politisasi, tetapi olahraga dan politik memang tidak dapat dipisahkan.
Aparat keamanan menembakkan gas air mata untuk menghalau suporter yang masuk lapangan usai pertandingan sepak bola BRI Liga 1 antara Arema dan Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, 1 Oktober 2022. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/tom.

Tragedi Stadion Kanjuruhan: kenapa dan bagaimana stampede menelan begitu banyak korban setelah kompetisi sepak bola?

Berbeda dengan kerumunan di jalan atau lapang tanpa sekat yang memungkinkan massa mundur agar terhindar dari gas air mata, lautan massa dalam stadion tidak bisa mundur begitu saja.

Top contributors

More