Shutterstock.com

Ubahlah cara Anda keramas, itu membantu selamatkan lingkungan

Ketika Anda memikirkan bisnis dengan dampak lingkungan yang tinggi atau kegiatan dengan jejak karbon tinggi, Anda mungkin lebih cenderung membayangkan mesin berat, mesin, dan oli daripada pemangkasan rambut. Namun pemotongan rambut, baik sebagai sektor maupun sebagai aktivitas individu, dapat memiliki jejak karbon yang sangat banyak.

Penataan rambut menggunakan air panas, energi, dan bahan kimia tingkat tinggi. Demikian pula, di rumah kita, air panas biasanya merupakan aktivitas yang paling menyerap energi. Untuk ongkos shower sepuluh menit yang menggunakan pemanas imersi listrik, Anda bisa membiarkan televisi menyala selama 20 jam.

Jadi sementara mematikan lampu dan peralatan elektronik bisa menghemat listrik, keuntungan nyata dalam mengurangi penggunaan energi adalah penggunaan air panas. Seperempat dari emisi di Inggris berasal dari perumahan dan, sebagian besar itu berasal dar air panas mengalir. Semakin lama dan semakin panas air mengalir, lebih banyak energi digunakan (dan mahal).

Perubahan kecil, hasil besar

Kebanyakan orang menggunakan sampo dan mencuci rambut terlalu sering. Rutinitas sehari-hari keramas rambut dua kali diikuti oleh penggunaan kondisioner setiap tahun menghabiskan sekitar 14.222 liter air dan energi sebesar 1252 kWh dan memiliki jejak karbon 500 kg setara karbon dioksida (CO₂e).

Jika Anda keramas rambut Anda dua kali seminggu (ditambah dengan sampo kering jika diperlukan) dan menggunakan kondisioner tanpa bilas, Anda akan menggunakan 613 liter air setiap tahun dan energi 55 kWh setiap tahunnya, menghasilkan jejak karbon 25kg CO₂e.

Salon rambut membutuhkan banyak air selama sehari. Shutterstock

Penelitian juga menunjukkan bagaimana sampo dapat berkontribusi terhadap polusi. Mungkin ini sebagian menjelaskan mengapa penjualan sampo turun selama beberapa tahun terakhir di Inggris–dengan banyak orang memilih untuk mencuci rambut lebih jarang.

Keramas lebih jarang tidak hanya menghemat uang Anda, tapi juga jauh lebih baik untuk kondisi rambut Anda. Ini juga dapat membantu membatasi efek paparan Anda terhadap air panas dan bahan kimia pada kulit Anda.

Kesadaran meningkat

Proyek penelitian terbaru saya mencoba melihat isu keberlanjutan di seluruh sektor tata rambut. Sektor tata rambut menggunakan sumber daya yang banyak. Tapi selain itu penata rambut berada dalam posisi yang baik untuk menyarankan bagaimana dapat menurunkan penggunaan sumber daya dalam merawat rambut.

Dari pembicaraan dengan para penata rambut, tampaknya sejak episode siaran BBC Blue Planet II saat penyiar David Attenborough menjelaskan bagaimana seekor ibu paus masih menggendong bayinya yang telah mati, yang diklaim, telah diracuni oleh plastik (meski para ilmuwan yang bekerja di acara itu telah mengkonfirmasi tidak ada bukti nyata untuk membuktikan ini) para penata rambut di salon telah mengatakan semakin banyak klien mereka yang ingin tahu bahwa penata rambut mereka melakukan bagian mereka.

Penelitian kami telah menemukan bahwa banyak penata rambut melakukan perubahan yang lebih baik bagi lingkungan. Peluang untuk menghadirkan industri mereka sebagai bagian dari solusi dan bukan bagian dari masalah sangat menarik bagi para penata rambut, karena hal itu meningkatkan rasa identitas profesional dan kebanggaan mereka dalam menawarkan layanan yang terinformasi dengan baik.

Penata rambut berkelanjutan

Fokus utama dari proyek ini adalah melengkapi para penata rambut dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan bagi mereka untuk berbicara dengan klien mereka tentang perawatan rambut berkelanjutan. Ada banyak produk di luar sana yang lebih baik bagi lingkungan, bukan karena mereka memiliki label “organik” atau “ramah lingkungan”, tapi karena mereka mengurangi kebutuhan air panas.

Sampo kering adalah contoh yang bagus. Sampo jenis ini cepat, nyaman, dan bagus dipakai di pesta-pesta dan saat bepergian. Itu juga membuat rambut lebih mudah untuk ditata, lebih murah, dan menghindari kebutuhan akan air panas. Demikian pula, kondisioner yang ditinggalkan menghindari perlunya pembilas tambahan dan membuatnya lebih mudah untuk ditata. Sampo kering juga sangat bagus untuk memberikan tubuh rambut yang sehat dan menghemat air, energi, uang, dan waktu.

Para peneta ramput dapat menjadi bagian dari solusi ketimbang jadi masalah. Shutterstock

Proyek ramah rambut kami, bekerja sama dengan Vocational Training Charitable Trust and the Hair and Beauty Industry Authority di Inggris, memberikan sertifikat penata rambut berkelanjutan dengan tanpa biaya, setelah para penata rambut ikut sekali program training. Pemilik salon juga dapat memperoleh sertifikat salon berkelanjutan untuk memberi tahu pelanggannya bahwa hal-hal ini penting bagi bisnis mereka.

Mendapatkan sertifikasi sebagai salon yang berkelanjutan memiliki banyak manfaat, dan tidak hanya dalam hal reputasi. Mengadopsi perubahan tersebut sebagai bagian dari skema ini menghemat salon-salon di Inggris secara umum 286.000 liter air, energi 24150 kWh, dan £5.300 setahun. Daftar salon yang berkelanjutan di Inggris terdapat di sini.

Penelitian menunjukkan meningkatnya ancaman perubahan iklim dan kebutuhan akan perubahan perilaku yang mendesak. Sangat baik diketahui bahwa perubahan sederhana untuk rutinitas perawatan rambut kita dapat membuat perbedaan pada planet yang kita sebut rumah.

This article was originally published in English