Menu Close

Articles on Anak muda

Displaying 1 - 20 of 77 articles

Di luar negeri, anak muda menjadi salah satu aktor kunci dalam aktivisme pro lingkungan. Bagaimana dengan di Indonesia? Jacob Lund/shutterstock.

Riset: antusiasme Gen Z di Jawa dan Bali pada isu lingkungan masih rendah

Meskipun beberapa penelitian menunjukkan bahwa anak muda di Indonesia peduli masalah iklim, antusiasme, pengetahuan dan kontribusi mereka ternyata masih rendah. Apa penyebabnya?
Ilustrasi peran anak muda dalam mengatasi persoalan lingkungan. (Shinta Saragih/The Conversation Indonesia)

Pemberitaan aksi lingkungan kaum muda belum relevan dan inklusif, bagaimana memperbaikinya?

Media perlu menambah variasi pemberitaan patisipasi anak muda dan menampilkan profil anak muda kelas menengah ke bawah dari akar rumput, masyarakat adat, dan terutama perempuan muda.
Kebayoran Baru pada era 1950-an, sebagaimana digambarkan dalam film Tiga Dara (1956), menjadi periode penting berkembangnya pengaruh bahasa Inggris di Jakarta Selatan. (SA Films/Perfini)

‘Literally’ anak Jaksel: bagaimana sejarah budaya dan tata ruang kota bisa membentuk fenomena gaya bahasa campur-campur

Bahasa “Jaksel” sering dianggap cerminan tingkat pendidikan dan kelas sosial yang tinggi. Bisa jadi itu benar, tapi fenomena ini bisa dikaji lebih dalam dari lensa sejarah, tata ruang, dan kebahasaan.
Kaum muda bisa jadi memandang bahwa revolusi itu lebih menarik ketimbang reformasi. Namun, para pemimpin masa depan perlu terbuka dengan realitas bahwa perubahan yang bermakna dan tahan lama itu terjadi secara inkremental dan perlahan-lahan. (Shutterstock)

Perubahan budaya korporasi butuh kaum muda yang melakukan reformasi jangka panjang – bukan revolusi semalam

Bagaimana Gen Z bisa menjadi agen perubahan yang efektif untuk reformasi ekonomi dalam suatu sistem yang tidak mereka percayai?
Mahasiswa menulis aksara Bali di atas daun lontar saat peringatan ke-5 Bulan Bahasa Bali tahun 2023 di Taman Budaya Bali, Denpasar. (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)

Kunci memantik minat anak muda pada bahasa daerah? Yakinkan mereka bahwa identitas multibahasa adalah aset

Promosi bahasa daerah kepada masyarakat, pelajar, dan anak muda perlu menekankan bahwa bahasa daerah adalah “aset” dalam berkomunikasi, bukan hanya beban warisan.
Pelabuhan Makassar di Sulawesi Selatan. (ANTARA FOTO/Amas Padda)

Riset kami di kota pesisir Makassar tunjukkan SMK bisa jadi kunci mengembangkan kapasitas digital pekerja muda pelabuhan

Memperbaiki sekolah vokasi, sekaligus menutup celah kompetensi digital, bisa membantu pekerja muda untuk benar-benar meraup manfaat dari ekonomi maritim yang tengah berkembang.

Top contributors

More