Menu Close

Articles on BPJS Kesehatan

Displaying all articles

Penduduk mendaftar peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di halaman Kantor Cabang BPJS Kesehatan Kota Medan, Sumatera Utara, 4 Januari 2023. ANTARA FOTO/Yudi/Lmo/rwa.

Riset ungkap beberapa pekerja informal sanggup beli rokok, tapi ogah membayar iuran JKN mandiri

Kondisi ekonomi bukan satu-satunya alasan pekerja sektor informal mau membayar iuran JKN secara mandiri.
Pasien pemegang kartu BPJS Kesehatan menunggu resep obat di RSUD Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, 9 Februari 2023. ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/nym.

Belajar dari krisis Jaminan Kesehatan Inggris (NHS), bagaimana BPJS Kesehatan agar tidak kolaps?

Di satu sisi, naiknya usia harapan hidup Berardi kemajuan kedokteran modern mampu mencegah kematian dini. Tapi, di sisi lain lebih banyak populasi berusia tua yang harus ditanggung oleh NHS.
Tersangka Bharada Richard Eliezer (ketiga kiri) berjalan sebelum rekonstruksi pembunuhan Brigadir Joshua di rumah pribadi Irjen Ferdy Sambo di Jalan Saguling, Duren Tiga, Jakarta, 30 Agustus 2022. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/aww

Cermin kasus Brigadir Yosua dan Stadion Kanjuruhan: siapa yang menanggung biaya pemeriksaan forensik?

Implikasi tidak diaturnya pelayanan forensik ini adalah ketidakjelasan siapa yang menanggung biaya pemeriksaan baik untuk pemeriksaan jenazah maupun orang hidup.
Petugas rumah sakit merawat bayi yang baru dilahirkan secara sesar pada Hari Kemerdekaan RI di Rumah Sakit Cut Nyak Dhien (RSUD CND) Aceh Barat, Aceh, 17 Agustus 2020. ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/hp.

Mengapa persalinan sesar naik drastis sejak ada JKN dan apa dampaknya bagi ibu?

Sebuah riset di Belanda berkesimpulan persalinan sesar tidak selamanya memberikan dampak positif kepada ibu karena dapat meningkatkan risiko kematian ibu 3 kali lebih besar dibandingkan lahir normal.
Untuk mendukung BPJS-Kesehatan, pemerintah memutuskan untuk menaikkan iuran BPJS sejak 1 Juli 2020. www.shutterstock.com

Kenaikan iuran BPJS bukan solusi terhadap masalah kesehatan di Indonesia: 4 hal yang perlu dilakukan

Pada 1 Juli 2020, pemerintah Indonesia telah merencanakan kenaikan asuransi kesehatan nasional, JKN. Namun, langkah ini hanya akan mengatasi masalah jangka pendek.
Potret seorang anak di suatu desa yang miskin dan terisolasi di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. (Shtterstock/Reezky Pradata)

Riset: tanpa intervensi, COVID-19 akan membuat setidaknya 3,6 juta orang Indonesia jatuh miskin

BAPPENAS melakukan simulasi untuk memproyeksikan dampak COVID19 terhadap kemiskinan di Indonesia. Tanpa intervensi, pandemi ini akan membuat setidaknya 3.6 juta penduduk jatuh miskin.
Sekumpulan anak bermain di sisi Sungai Ciliwung yang penuh pencemaran. (Dewi Putra/Shutterstock)

Bagaimana belajar dari masa lalu bisa mencegah angka kemiskinan naik selama pandemi COVID-19

COVID19 dapat membalikkan tren positif puluhan tahun penuntasan kemiskinan di Indonesia. Terdapat beberapa pelajaran dari kebijakan terdahulu untuk meredam kenaikan angka kemiskinan selama pandemi.
Kalau saja “Ibu”, tokoh seram ‘Pengabdi Setan’, mendapatkan BPJS Kesehatan, mungkin nasibnya akan lebih baik. Rapi Films

‘Pengabdi Setan’ dan kisah hantu perempuan: simbol adanya kekerasan terhadap perempuan

Film ‘Pengabdi Setan’ sedang menjadi pembicaraan hangat. Penonton kabarnya sangat ketakutan. Hantu perempuan seperti Ibu dan yang lainnya memberi kita satu pelajaran: perempuan masih jadi korban.

Top contributors

More