Menu Close

Articles on kematian

Displaying 1 - 20 of 25 articles

Selain obat tidur, ada beberapa pilihan non-obat yang efektif untuk mengobati insomnia. Alyssa L. Miller

Beberapa alasan mengapa obat tidur harus dihindari

Menurut sejumlah studi, obat tidur (hipnotik) berbahaya jika digunakan dalam jangka panjang. Bahkan, obat ini dapat mengakibatkan kematian dini. Tapi ada kritik pada riset-riset itu.
Petugas medis dari Puskesmas (kanan) mengambil sampel darah penduduk saat pemeriksaan kesehatan di Posyandu lansia di Balai Warga RW 014 Duren Sawit, Jakarta Timur, 17 Maret 2023. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/nz

Puskesmas perlu perkuat kapasitas untuk cegah masalah kesehatan akibat perubahan iklim

Puskesmas sebagai garda utama dalam pencegahan masalah-masalah kesehatan tersebut dapat melakukan pembinaan peran serta masyarakat melalui peningkatan kemampuan beradaptasi dan pengelolaan risiko.
Operasi transplantasi hati. Gabriel Borda/Flickr, CC BY-NC

Donasi organ: apakah kita milih ikut atau tidak, riset temukan kehendak keluarga kitalah yang penting

Salah satu strategi untuk mengatasi kekurangan organ yang dapat ditransplantasikan adalah dengan meningkatkan kumpulan donor potensial dengan membuat perubahan pada sistem persetujuan.
Tersangka Bharada Richard Eliezer (ketiga kiri) berjalan sebelum rekonstruksi pembunuhan Brigadir Joshua di rumah pribadi Irjen Ferdy Sambo di Jalan Saguling, Duren Tiga, Jakarta, 30 Agustus 2022. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/aww

Cermin kasus Brigadir Yosua dan Stadion Kanjuruhan: siapa yang menanggung biaya pemeriksaan forensik?

Implikasi tidak diaturnya pelayanan forensik ini adalah ketidakjelasan siapa yang menanggung biaya pemeriksaan baik untuk pemeriksaan jenazah maupun orang hidup.
Warga melintas di depan mural COVID-19 di Jakarta, 2 November 2021. Pemerintah Jakarta melonggarkan pembatasan kegiatan masyarakat termasuk di sekolah dan tempat kerja. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc

Jika diterapkan dengan baik, penutupan sekolah dan tempat kerja selama setahun pandemi di Jakarta bisa hemat hingga Rp 480 triliun

Dari riset ini bisa kita ketahui bahwa intervensi non-farmakologi dapat dipertimbangkan oleh pengambil keputusan untuk mengurangi risiko pandemi dari perspektif ekonomi.
Seorang perempuan berolahraga naik sepeda di halaman Jakarta International Velodrome, 10 April 2021. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.

Riset: pada 2019 perempuan Indonesia kehilangan waktu 36 juta tahun untuk hidup sehat

Individu, keluarga, masyarakat dan pengambil kebijakan bersama-sama mencegah risiko kematian dengan mengubah perilaku, pola konsumsi, dan membelanjakan anggaran untuk menunjang hidup sehat.
Petugas memakamkan jenazah pasien COVID-19 di sebuah pemakaman di Kota Sorong, Papua Barat, 17 Oktober 2020. ANTARA FOTO/Olha Mulalinda/wsj.

Empat mitos demografi akibat pandemi COVID-19

Pandemi COVID-19 tidak akan mengubah demografi secara radikal. Pandemi hanya dapat mempercepat atau memperlambat tren sebelumnya sudah ada.

Top contributors

More