Menu Close

Articles on Pemindahan ibu kota

Displaying all articles

Suasana pembangunan jalur kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta Fase 2 di lihat dari ketinggian di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (25/8/2022). Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan anggaran pembangunan MRT Jakarta Fase 2 mengalami pembengkakan biaya dari Rp22,5 triliun menjadi Rp26 triliun karena kompleksitas kontruksi dan kondisi lahan yang tidak stabil di jalur dari Bundaran HI ke Kota Tua. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.

Biaya MRT dan Kereta Cepat melambung, pakar beberkan penyebab dan dampak pembengkakan budget infrastruktur

Ambisi pemerintah untuk membangun infrastruktur berujung pada pembengkakan biaya. Hal ini bisa membuat APBN terseok dan menggeret Indonesia ke jebakan utang.
Tapi masalah yang dihadapi Jakarta bukan satu-satunya alasan mengapa Presiden Joko “Jokowi” Widodo memutuskan untuk memindahkan Jakarta. www.shutterstock.com

Menakar keberhasilan proyek pemindahan ibu kota ala Jokowi dalam meratakan pembangunan ekonomi

Pemindahan ibu kota diperkirakan menghabiskan banyak uang. Namun, kebijakan ini berarti juga memindahan kegiatan ekonomi dan mengurangi ketimpangan infrastruktur di luar pulau Jawa dan Sumatera.
Pemerintah di bawah Presiden Joko “Jokowi” Widodo tampaknya benar-benar serius untuk memindahkan ibu kota Indonesia ke luar Jakarta. www.shutterstock.com

Menggugat logika pemerintah memindahkan ibu kota negara

Rencana pemerintah kurang matang karena logika di balik dua alasan yang dipakai untuk memindahkan ibu kota ke luar Jakarta–pemerataan dan daya dukung Jakarta–masih lemah.

Top contributors

More