Menu Close

Articles on Penyakit

Displaying 1 - 20 of 43 articles

Toheed dari Bhopal India menderita penyakit langka Distrofi Otot Duchenne (Duchenne Muscular Dystrophy) sehingga dia tidak bisa berjalan dan harus menggunakan kursi roda. Bhopal Medical Appeal/Flickr

Sekitar 8-10% orang Indonesia idap penyakit langka: kita butuh diagnostik cepat dan lebih banyak riset

Sekitar 80% kasus disebabkan oleh cacat genetik atau mutasi. Diagnosis biasanya membutuhkan analisis genetik, yang seringkali tidak tersedia di Indonesia.
Banjir dari badai seperti Irma di Florida dapat membanjiri sistem saluran pembuangan dan menyebarkan patogen dengan cara lain. Brian Blanco/Getty Images

58% penyakit menular manusia dapat diperburuk oleh perubahan iklim – kami menjelajahi 77.000 riset untuk petakan jalurnya

Jumlah terbesar penyakit yang diperparah oleh perubahan iklim melibatkan penularan melalui vektor, seperti yang disebarkan oleh nyamuk, kelelawar atau hewan pengerat.
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin kanker serviks kepada siswa kelas 4 dalam Bulan Imunisasi Anak Sekolah di SDN 8 Sumerta, Denpasar, Bali, 14 Agustus 2020. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/nym/pras

Program screening kanker serviks di Indonesia terhenti karena COVID-19, risiko kematian perempuan makin tinggi

Meski waktu berakhirnya pandemi tidak dapat diprediksi, kita perlu mendorong dan mendukung pasien dengan kanker progresif untuk tetap mendapatkan terapi yang diperlukan.
Usia produktif bisa hilang karena risiko kecelakaan tinggi saat orang tidak pakai helm saat naik motor. Seorang warga mengendarai sepeda motor tanpa helm sambil menggendong kedua anaknya di Banyuwangi, 4 Juli 2020. ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/wsj.

Riset: bonus demografi Indonesia bisa hangus karena gaya hidup buruk pada usia muda

Penurunan angka kelahiran dan peningkatan usia harapan hidup (UHH) menyebabkan perubahan struktur umur penduduk di Indonesia yang pada gilirannya berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi.
Seorang tenaga kesehatan menggunakan alat pelindung diri lengkap saat jam pertukaran piket di rumah sakit rujukan Covid-19 RSUD Kabupaten Tangerang, Banten, 13 Juli 2020. ANTARA FOTO/Fauzan/wsj.

4 gelombang besar pandemi Covid-19 menghantam sistem pelayanan kesehatan

Strategi utama adalah segera menekan pertumbuhan kasus baru Covid-19 di masyarakat agar rumah sakit tidak kewalahan menampung pasien.
Seorang pelancong pakai gelang tangan GPS untuk melacak pergerakannya di Bandara Internasional Hong Kong, 19 Maret 2020. Sejak tanggal itu, semua pendatang harus mengisolasi diri selama 14 hari di rumah dengan pengawasan medis. EPA/JEROME FAVRE

Rumah sakit di Indonesia terancam lumpuh: ini 6 strategi “perang” mengalahkan COVID-19

Saat ini Indonesia dalam persimpangan penting untuk mencegah perluasan COVID, dalam artikel ini 6 rekomendasi strategi berbasis bukti diajukan agar Indonesia mampu mengendalikan COVID tanpa lockdown.

Top contributors

More