Menu Close

Articles on Aktivisme

Displaying all articles

Aksi protes di pusat kota Teheran, Iran, atas kematian seorang perempuan muda yang ditahan karena melanggar aturan konservatif negara tentang berpakaian. (AP Photo)

Iran membara: Sekali lagi, perempuan berada di barisan terdepan memperjuangkan perubahan transformatif

Perempuan telah lama menuntut perubahan di Iran. Setelah kematian seorang perempan yang dianggap melanggar aturan hijab, pendemo perempuan memimpin Iran menuju masyarakat yang lebih bebas dan adil.
Sekumpulan anak muda berpartisipasi dalam Jakarta Climate Strike pada tahun 2019. (The Conversation Indonesia/Luthfi T. Dzulfikar)

Khalifah di bumi: bagaimana anak muda Muslim di Indonesia memperjuangkan isu lingkungan berlandaskan nilai agama

Banyak aktivis muda Muslim di Indonesia berpegang teguh pada nilai agama untuk mengemban tugas sakral untuk menjaga lingkungan. Kini “green Islam” menjadi agenda penting kaum muda dunia.
Warga melintas di depan mural bertuliskan “Cilaka Kau Dikoyak Omnibus Law” di Surabaya, Jawa Timur. Mural karya Serikat Mural Surabaya (SMS) tersebut dibuat sebagai bentuk kritik atas disahkannya UU Cipta Kerja oleh DPR. (ANTARA FOTO/Moch Asim)

Aktivisme berbasis karya seni digital sangat ampuh di tengah pandemi: pelajaran dari negara lain

Karya seni digital membantu gerakan seperti #ClimateStrikeOnline untuk berkembang di medsos. Tiga contoh ini bisa menjelaskan mengapa karya seni bisa membangun partisipasi politik di tengah pandemi.
Pengunjuk rasa yang tergabung dalam Komite Perjuangan Perempuan (KPP) Yogyakarta melakukan aksi di kawasan Tugu Pal Putih, Yogyakarta. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/aww/16.

Bagaimana jurnalis perempuan memperjuangkan kesetaraan gender: antara jurnalisme dan advokasi

Penelitian dua tahun kami menunjukkan bagaimana penulis dan jurnalis perempuan menggunakan platform daring untuk terlibat dalam aktivisme gender, dan bagaimana cara mereka menghadapi tantangan dan kesempatan yang ada melalui media digital.
Aktivis iklim Greta Thunberg saat mendengarkan penjelasan dari peneliti iklim di COP 25, Madrid, Spanyol. AP Photo/Paul White

Greta Thunberg bukanlah mesias, tapi suara keadilan iklim

Beberapa pihak sudah mulai membuat aktivisme Greta terkesan seperti seorang mesias, yang bahan penolakan dari climate deniers.
Gerakan melarang miniatur peralatan mandi tidak mungkin membekas pada pada krisis plastik global. vaidehi shah/Flickr

Menyelamatkan lingkungan tidak hanya sekadar ganti sampo hotel

InterContinental Hotels Group berencana mengganti perlengkapan mandi hotel, tetapi sepertinya tidak akan banyak berpengaruh pada lingkungan.
Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (kiri), dan Presiden Joko Widodo, didukung aktivis dan intelektual dalam kampanye mereka untuk menduduki posisi RI 1. Banyak aktivis tersebut diberi posisi staf khusus di Istana Negara. Adi Weda/EPA. Adi Weda/EPA

Buasnya sistem politik Indonesia halangi upaya reformasi dari dalam oleh mantan aktivis

Banyak aktivis yang memasuki dunia politik dalam dua dekade demokratisasi Indonesia. Tetapi ini tidak memperbaiki kualitas demokrasi di negeri ini.

Top contributors

More