Menu Close

Articles on COVID

Displaying 1 - 20 of 126 articles

Warga melintas di depan mural COVID-19 di Jakarta, 2 November 2021. Pemerintah Jakarta melonggarkan pembatasan kegiatan masyarakat termasuk di sekolah dan tempat kerja. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc

Jika diterapkan dengan baik, penutupan sekolah dan tempat kerja selama setahun pandemi di Jakarta bisa hemat hingga Rp 480 triliun

Dari riset ini bisa kita ketahui bahwa intervensi non-farmakologi dapat dipertimbangkan oleh pengambil keputusan untuk mengurangi risiko pandemi dari perspektif ekonomi.
Pengunjung memindai kode QR aplikasi PeduliLindungi sebelum masuk pusat perbelanjaan di Manado, Sulawesi Utara, 1 Oktober 2021. ANTARA FOTO/Adwit B Pramono/rwa

PeduliLindungi baru wajib setelah 1,5 tahun pandemi: kisah Cina, Singapura, dan India pakai aplikasi serupa lebih awal

Implementasi aplikasi pelacak di Cina, India, dan Singapura tidak jauh berbeda dengan aplikasi PeduliLindungi. Namun, yang perlu digarisbawahi adalah tindak lanjut dari data yang telah terkumpul.
Seorang perempuan bertepuk tangan di atas spanduk bertuliskan “semuanya akan baik-baik saja,” di Roma. Frasa ini telah muncul di media sosial dan di balkon dan jendela di seluruh Italia saat negara itu menghadapi virus corona. (Roberto Monaldo/LaPresse via AP)

Apa itu solidaritas di tengah pandemi? Lebih dari ‘kita menghadapi krisis ini bersama-sama

Kata ‘solidaritas’ bergema di seluruh dunia dalam pandemi COVID-19. Tapi dari mana istilah itu berasal dan apa artinya sebenarnya?
Industri pariwisata Bali sangat terdampak pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/wsj

Tanpa turis di Indonesia; perempuan, pemuda, dan pekerja berpendidikan rendah kehilangan pekerjaan besar-besaran

Pandemi COVID-19 telah menghancurkan banyak peluang bagi mereka yang tidak memiliki kemampuan finansial.
Tenaga kesehatan dan pasien COVID-19 ikut upacara peringatan HUT ke-76 Indonesia di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, 17 Agustus 2021. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/Pool/wsj

Riset baru: tenaga kesehatan Indonesia berisiko 8 kali lebih tinggi terinfeksi COVID-19

Kebijakan di level makro yakni memastikan tidak terjadinya penumpukan kasus di masyarakat adalah langkah kunci lain sebagai upaya proteksi terhadap tenaga kesehatan di rumah sakit.
Polisi memeriksa penjualan obat untuk pasien COVID-19 di apotek di Blitar, Jawa Timur, 7 Juli 2021. ANTARA FOTO/Irfan Anshori/wsj.

Obat untuk COVID-19 makin langka dan mahal, ini dampaknya bagi pasien

Sejak akhir Juni klinik kami mulai kesulitan meresepkan obat-obatan tersebut karena obat tidak ada. Pasien-pasien mengirim pesan melalui WhatsApp atau menelepon minta supaya saya membantu mencarikan.
Petugas kesehatan membawa pasien ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah Bandung, 1 Juli 2021. Agka keterisian ruang isolasi atau Bed Occupancy Rate (BOR) di sana lebih dari 90 persen. ANTARA FOTO/Novrian Arbi/wsj

COVID-19 Indonesia pecahkan rekor: masyarakat menjadi kunci agar rumah sakit tidak ambruk

Upaya yang lebih penting yang harus kita lakukan adalah pencegahan di tingkat masyarakat. Karena garda terdepan pencegahan justru masyarakat, baik sebelum atau setelah sakit COVID.
Perawat menunggu orang yang datang untuk menerima vaksin COVID Moderna di pusat vaksinasi massal di Tokyo, Jepang, 24 Mei 2021. ANTARA FOTO/Carl Court/Pool via REUTERS/hp/cfo

Amerika akan lepaskan paten vaksin COVID-19, apa dampaknya bagi Indonesia dan negara berkembang?

Kebijakan luar negeri ini tidak lazim bagi Amerika Serikat yang sangat selama ini gencar mendukung dan mempromosikan hak-hak korporasi atas perlindungan kekayaan intelektual secara internasional.
Banyak orang antre mengikuti vaksinasi COVID-19 massal di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, 26 Juni 2021. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wsj.

Mengapa pemerintah mesti segera beri vaksin COVID-19 untuk ibu hamil

Berbagai organisasi profesi kebidanan dan kandungan di dunia juga telah menekankan tingginya risiko ibu hamil jika terpapar COVID-19 dan menyarankan vaksinasi COVID-19 untuk ibu hamil.

Top contributors

More