Menu Close

Articles on gizi bayi

Displaying all articles

Kader Posyandu mengukur lingkar kepala anak saat kegiatan Bulan Vitamin A dan Penimbangan Serentak untuk memeriksa kesehatan anak di Kelurahan Pajang, Laweyan, Solo, 9 Februari 2023. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/foc.

Penurunan ‘stunting’ berjalan lambat di tengah melimpahnya produksi ikan Indonesia: tanya kenapa?

Ikan memiliki banyak kandungan protein untuk mencukupi kebutuhan asam amino. Ikan juga kaya akan asam lemak omega 3 dan 6, vitamin, dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan ibu dan janin.
Kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) mengukur berat badan bayi di Posyandu Bougenvile, Pemancar, Depok, Jawa Barat, 6 April 2022. Jawa Barat mengejar target zero stunting pada 2023. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/aww

Angka stunting naik di 6 provinsi: tiga strategi untuk menurunkannya hingga level desa

Masih terdapat 6 provinsi yang menunjukkan kenaikan prevalensi stunting, yakni Papua, Kalimantan Utara, Papua Barat, Banten, Jambi, dan Kepulauan Riau.
Petugas kesehatan mengukur tinggi badan bayi di Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Kedaton, Bandar Lampung, 21 Maret 2022. Promosi makanan beragam pendamping ASI untuk bayi berusia enam bulan di level Posyandu penting untuk mencegah gizi buruk pada anak. ANTARA FOTO/Ardiansyah/nym

Riset: makanan bayi dan anak di Indonesia kurang beragam. Mengapa bisa begitu dan apa dampaknya?

Jika dilihat dari jenis kelompok makanannya, makanan jenis padi-padian, akar-akaran dan umbi-umbian mendominasi konsumsi makanan harian pada bayi dan anak.
Kisah anak kurang gizi di Kupang, Nusa Tenggara Timur, September 2016. Reinier van Oorsouw/UNICEF

Ancaman stunting di Indonesia dan cara mengatasinya

Bahaya kurang gizi kronis bagi masa depan negara
Stunting itu bukan persoalan bencana individu lagi tapi sudah bencana populasi dan penanganannnya juga harus melibatkan populasi secara keseluruhan.

Top contributors

More