Menu Close

Articles on Perikanan

Displaying 1 - 20 of 26 articles

Mangrove, seperti yang ada di Madgaskar, menyediakan banyak manfaat, seperti perlindungan dari badai dan pencegahan erosi pesisir. (Louise Jasper/Blue Ventures)

Ahli ciptakan alat pemetaan mangrove baru dan menempatkan konservasi dalam jangkauan masyarakat pesisir

Meskipun bernilai tinggi, laju penebangan mangrove cukup tinggi. Sebuah alat baru bertujuan untuk membantu komunitas menahan deforestasi mangrove dan memanfaatkan program dan pendanaan konservasi.
Kapal berlayar di malam hari berdekatan dengan gunung es di timur Greenland. (AP Photo/Felipe Dana)

Samudra Arktik: perubahan iklim membanjiri lautan utara yang terpencil ini dengan cahaya dan spesies baru

Arktik merupakan kawasan yang jauh dari jangkauan sepanjang sejarah. Tapi, perubahan iklim membawa masalah dan kesempatan global.
Shutterstock

Samudra Pasifik: terbesar di dunia namun dalam bahaya

Samudra Pasifik memproduksi oksigen, membantu pengaturan udara, menyediakan makanan dan mata pencaharian. Ia juga tempat kegembiraan, penghiburan dan spiritualitas. Namun, lautan ini sedang terancam.
Pemukiman suku Bajo, Torosiaje, Kabupaten Pohuwato, Gorontalo, yang berada di atas laut mulai dikunjungi wisatawan setelah sepi akibat pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin/aww.

75 tahun merdeka, Indonesia masih punya banyak potensi kembangkan sektor kelautan dan perikanan

Selama 75 tahun Indonesia merdeka, sektor kelautan sudah mendapatkan perhatian. Meski demikian, banyak PR di masa depan untuk pengembangan ekonomi Indonesia (blue economy).
Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat melakukan tur kapal perang transportasi USS New Orleans pada tahun 2016. (USS Pacific Fleet/Brandon Cyr)

Riset ungkap mengapa Susi Pudjiastuti tidak menjadi menteri lagi pada periode dua Jokowi

Riset saya mempelajari mengapa Menteri Susi tidak dimasukkan lagi ke kabinet Jokowi yang ke dua. Gayanya yang keras mengasingkan banyak pihak, dan suatu koalisi bangkit untuk menjatuhkannya.
Data BPS menunjukkan adanya penurunan jumlah rumah tangga perikanan tangkap secara drastis dari 2 juta di tahun 2000 menjadi 966 ribu di tahun 2016. (Shutterstock)

Nelayan memang miskin, tapi riset buktikan mereka tetap bahagia

Nelayan tradisional adalah salah satu pekerjaan paling rentan secara ekonomi. Namun, penelitian saya menunjukkan bahwa beberapa kategori nelayan justru lebih bahagia dari pekerja di sektor lain.

Top contributors

More