Menu Close

Articles on Petani

Displaying all articles

Seorang pekerja Malaysia memanen buah sawit dari sebuah perkebunan di semenanjung Malaysia, Rabu, 6 Maret 2019. Meskipun masalah ketenagakerjaan sebagian besar telah diabaikan, dampak buruk minyak sawit terhadap lingkungan telah dikecam selama bertahun-tahun. (AP Photo/Gemunu Amarasinghe)

Mitos efisiensi perkebunan sawit: Merugikan Indonesia dan memperparah ketimpangan

Minyak kelapa sawit digunakan di separuh produk yang dijual di supermarket global. Mayoritasnya berasal dari Indonesia dan ditanam di perkebunan yang tidak efisien, tapi menempati lahan sangat luas.
Pekerja ikan asin sedang mengeringkan ikan di Indramayu, Jawa Barat. Author provided.

Bagaimana Indonesia dapat memanfaatkan Dana Loss and Damage untuk memperkuat adaptasi perubahan iklim

Jika dana “Loss and Damage” dapat dioperasionalkan, dalam hal apa saja pembiayaan tambahan tersebut dapat dimanfaatkan Indonesia? Berikut adalah beberapa saran.
Petani menyemprotkan cairan pestisida pada tanaman padi yang berusia 2,5 bulan, di Desa Branta Tinggi, Tlanakan, Pamekasan, Jawa Timur. (Saiful Bahri/Antara)

Analisis: petani terus ‘dicekoki’ pestisida sintetis sehingga kian rapuh hadapi perubahan iklim

Selain rentan terhadap perubahan iklim, pestisida tersebut justru menambah kerentanan ekonomi petani skala kecil lantaran sebagian besar modal bertani dihabiskan untuk membeli pestisida sintetis.
Pelarangan pembakaran lahan efektif dalam mengurangi kebakaran lahan dan hutan, tapi bisa merugikan industri pertanian dalam jangka panjang. Reuters/Beawiharta

Kebijakan ‘zero-burning’ berpotensi merugikan petani—perlu pendekatan yang lebih fleksibel

Kebijakan nol-pembakaran berpotensi merugikan petani skala kecil. Larangan penggunaan api untuk membuka lahan memperbesar biaya menyiapkan lahan untuk bercocok tanam dan untuk mengusir hama.

Top contributors

More