Menu Close

Articles on Sampah plastik

Displaying 1 - 20 of 36 articles

Sampah plastik menumpuk di pepohonan dan semak-semak di sepanjang Sungai Los Angeles. Citizen of the Planet/Education Images/Universal Images Group via Getty Images

Jika plastik berasal dari minyak dan gas, yang berasal dari tumbuhan, mengapa tidak dapat terurai?

Plastik terbuat dari minyak dan gas alam, yang dimulai sebagai bahan fosil tumbuhan dan hewan. Tapi terkubur jauh di bawah tanah selama jutaan tahun, bahan-bahan itu berubah dengan cara yang penting.
Niatan baik tiap individu untuk mengurangi jejak karbon terkadang berujung kepada pilihan yang buruk. (Shutterstock)

Jejak karbon itu rumit — ini beberapa hal yang perlu Anda ketahui

Mendaur ulang dan mematikan lampu adalah langkah baik, namun tidak sepenting mengurangi konsumsi daging, perjalanan udara, dan berkendara pada basis individual untuk perubahan iklim.
Penyediaan sarana dan prasarana penampungan sampah di Indonesia masih belum meningkatkan upaya pemilahan sampah. Lucas van Oort/Unsplash

Tiga kendala ini sebabkan rendahnya upaya pemilahan sampah di Indonesia

TPS 3R dan bank sampah adalah dua garda terdepan pemda untuk capai target pengurangan sampah di perkotaan. Meski jumlah TPS 3R dan bank sampah meningkat pesat, mengapa tingkat daur ulang masih rendah?
Sampah plastik sungai merupakan ilmu baru tapi penting untuk mencegah aliran sampah ke lautan. Mast Irham/EPA

Riset: Ciliwung termasuk sungai terkotor di dunia

Penelitian menunjukkan bahwa total sampah plastik di Jakarta mencapai 2,1 juta kilogran atau setara dengan 1.000 mobil Tesla Model S.
Indonesia mengumumkan ‘perang melawan sampah plastik di laut’ pada tahun 2016 setelah penelitian baru-baru ini menjuluki negara tersebut sebagai produsen limbah terbesar kedua di dunia. www.shutterstock.com

Indonesia perlu lebih banyak penelitian dampak sampah plastik di laut

Pentingnya memperbanyak penelitian untuk menyediakan bukti kepada perusahaan dan pemerintah tentang urgensi menjaga laut bebas dari sampah plastik.

Top contributors

More