Menu Close

Articles on jaminan kesehatan nasional

Displaying all articles

Penduduk mendaftar peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di halaman Kantor Cabang BPJS Kesehatan Kota Medan, Sumatera Utara, 4 Januari 2023. ANTARA FOTO/Yudi/Lmo/rwa.

Riset ungkap beberapa pekerja informal sanggup beli rokok, tapi ogah membayar iuran JKN mandiri

Kondisi ekonomi bukan satu-satunya alasan pekerja sektor informal mau membayar iuran JKN secara mandiri.
Pasien pemegang kartu BPJS Kesehatan menunggu resep obat di RSUD Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, 9 Februari 2023. ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/nym.

Belajar dari krisis Jaminan Kesehatan Inggris (NHS), bagaimana BPJS Kesehatan agar tidak kolaps?

Di satu sisi, naiknya usia harapan hidup Berardi kemajuan kedokteran modern mampu mencegah kematian dini. Tapi, di sisi lain lebih banyak populasi berusia tua yang harus ditanggung oleh NHS.
Petugas melayani peserta BPJS kesehatan di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, 12 Oktober 2021. Cakupan luas tapi masih ada yang belum terlayani. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/rwa

Lebih dari 82% penduduk punya kartu jaminan kesehatan, tapi ketidakadilan akses masih menganga

Dalam 70 tahun terakhir, perbaikan akses terhadap pelayanan kesehatan di negeri ini terus terjadi pada sisi askeptabilitas, ketersediaan, dan keterjangkauan
Potret seorang anak di suatu desa yang miskin dan terisolasi di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. (Shtterstock/Reezky Pradata)

Riset: tanpa intervensi, COVID-19 akan membuat setidaknya 3,6 juta orang Indonesia jatuh miskin

BAPPENAS melakukan simulasi untuk memproyeksikan dampak COVID19 terhadap kemiskinan di Indonesia. Tanpa intervensi, pandemi ini akan membuat setidaknya 3.6 juta penduduk jatuh miskin.
Sekumpulan anak bermain di sisi Sungai Ciliwung yang penuh pencemaran. (Dewi Putra/Shutterstock)

Bagaimana belajar dari masa lalu bisa mencegah angka kemiskinan naik selama pandemi COVID-19

COVID19 dapat membalikkan tren positif puluhan tahun penuntasan kemiskinan di Indonesia. Terdapat beberapa pelajaran dari kebijakan terdahulu untuk meredam kenaikan angka kemiskinan selama pandemi.

Top contributors

More