Menu Close
Paman Sam mengendarai sepeda motor di sebelah Lady Liberty di sebuah parade
Paman Sam dapat muncul di mana saja. David McNew/Getty Images

Bagaimana Paman Sam menjadi simbol Amerika Serikat?

Bagaimana Paman Sam menjadi simbol Amerika Serikat?? – Henry E., umur 10, Somerville, Massachusetts, Amerika Serikat


Mayoritas orang Amerika dapat dengan mudah mengenali Paman Sam sebagai simbol atau nama panggilan Amerika Serikat. Paman Sam biasanya digambarkan sebagai laki-laki tua berkulit putih dengan janggut putih panjang dan topi, dan dia hampir selalu menggunakan pakaian berwarna merah, putih, dan biru.

Gambarnya mewakili pemerintah Amerika Serikat (AS) dalam kartun politik, atau yang mendukung rakyat AS di manapun itu, mulai dari pertandingan sepak bola hingga unjuk rasa dalam bidang politik.

Paman Sam merepresentasikan impian patriotik dalam budaya populer. Di Marvel Universe, kostum Captain America mirip dengan yang digunakan Paman Sam. Karakter ini tidak hanya kuat, tetapi juga penyayang.

Gambar Paman Sam yang paling terkenal adalah poster perekrutan tentara yang didesain oleh James Montgomery Flagg pada tahun 1917. Di poster ini, Paman Sam mengatakan “I WANT YOU” atau “AKU INGIN KAMU” sambil dengan tegas menunjuk ke arah orang yang melihatnya.

Kampanye publisitas pada Perang Dunia I ini sangat berhasil, sehingga pemerintah AS kembali menggunakan gambar Paman Sam untuk merekrut tentara dan anggota bersenjata lainnya selama Perang Dunia II.

Paman Sam di poster perekrutan 'I Want You for the U.S. Army' yang ikonik sambil menunjuk kepada orang yang melihat poster.
Seniman James Montgomery Flagg mendesain poster rekrutmen ikonik ini pada tahun 1917. Library of Congress

‘Columbia’ dan ‘Brother Jonathan’

Paman Sam bukanlah satu-satunya simbol yang telah digunakan oleh para seniman dan ilustrator untuk menyampaikan masalah-masalah politik saat ini.

Salah satu simbol AS lainnya adalah “Columbia,” ikon perempuan yang biasanya menggunakan toga.

Pada satu gambar terkenal, Columbia terlihat berduka atas Presiden Abraham Lincoln bersama Britannia, karakter perempuan lain yang melambangkan Inggris, dan seseorang yang sebelumnya diperbudak dengan nasib yang belum jelas.

Britannia yang bersedih, berdiri, meletakkan karangan bunga di tubuh Lincoln yang diselimuti, sementara Columbia menangis saat dia mencengkeram bendera AS, dan seorang budak yang telah dibebaskan juga berduka.
Britannia menghibur Columbia, dan seorang budak yang telah dibebaskan menangis dalam karya seniman John Tenniel tahun 1865. The Cartoon Collector/Print Collector via Getty Images

Jadi, dari mana Paman Sam berasal? Menurut resolusi Kongres yang disahkan pada tahun 1961, Paman Sam berasal dari Samuel Wilson dari Troy, New York, yang merupakan pemasok daging. Ia menandai bahan-bahannya untuk kebutuhan militer dengan “AS.” Para pekerja pada saat itu membuat lelucon bahwa “Paman Sam” Wilson sedang memberi makan tentara Angkatan Darat.

Mungkin bukan sebuah kebetulan, dua superhero Amerika Marvel yang memiliki darah Afrika bernama Sam Wilson: The Falcon yang kemudian menjadi Captain America setelah Steve Rogers pensiun dan Samantha Wilson yang berperan sebagai Captain America dalam serial Spider-Gwen.

Brother Jonathan memegang pedang sabit dalam kartu pos abad ke-19.
‘Brother Jonathan,’ simbol awal AS, mungkin secara bertahap terganti oleh Paman Sam. Kean Collection/Getty Images

Namun, ada sosok lain yang mirip dengan Paman Sam. Sosok yang bernama ini “Brother Jonathan” telah ada sebelum Paman Sam.

Personifikasi AS itu mungkin diciptakan berdasarkan John Trumbull, gubernur negara bagian Colonial Connecticut yang menentang pemerintahan Inggris selama Perang Kemerdekaan. Sebelum akhirnya menghilang, “Brother Jonathan” diperkirakan berubah menjadi Paman Sam saat Perang Saudara.

Dalam sebuah iklan tahun 1876, laki-laki muda dan ramping yang menjadi simbol AS ini menggunakan pakaian yang melambangkan bendera AS. Dia terlihat sangat mirip dengan versi lebih muda Paman Sam dengan janggut yang tercukur bersih.

Ada kemungkinan bahwa tubuh kurus dan fitur wajah yang diwarisi Paman Sam dari gambaran Brother Jonathan yang lebih baru merupakan simbol penghormatan kepada Presiden Abraham Lincoln.


Apakah kamu punya pertanyaan yang ingin ditanyakan ke ahli? Minta bantuan ke orang tua atau orang yang lebih dewasa untuk mengirim pertanyaanmu pada kami. Ketika mengirimkan pertanyaan, pastikan kamu sudah memasukkan nama pendek, umur, dan kota tempat tinggal. Kamu bisa:

  • mengirimkan email redaksi@theconversation.com

  • tweet ke kami @conversationIDN dengan tagar #curiouskids

  • DM melalui Instagram @conversationIDN


Zalfa Imani Trijatna dari Universitas Indonesia menerjemahkan artikel ini dari bahasa Inggris.

This article was originally published in English

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 187,100 academics and researchers from 4,998 institutions.

Register now