Menu Close

Blog

Bantu kami mengembangkan program fellowship untuk mencetak peneliti kelas dunia

Indonesia adalah laboratorium untuk berbagai tema riset. Dan para peneliti Indonesia berpotensi untuk berpartisipasi dan memimpin penelitian skala besar dengan dampak global. UX Indonesia/Unsplash, CC BY-SA

The Conversation Indonesia (TCID) mengundang para peneliti yang sedang menjalankan studi S3 maupun yang sudah lulus untuk mengisi sebuah survei untuk memahami kebutuhan peneliti muda Indonesia untuk dapat berkembang menjadi peneliti kelas dunia.

Kami akan menggunakan temuan survei yang bertujuan mengenali profil peneliti muda Indonesia, persepsi mereka akan atmosfer penelitian Indonesia, dan kebutuhan mereka untuk peningkatan kapasitas untuk mengembangkan sebuah program pemberdayaan profesional (fellowship) bagi peneliti muda di Indonesia. Kami menargetkan program fellowship ini untuk mereka yang memiliki minat pada tema-tema penelitian perubahan iklim (climate change), ilmu kelautan, medis dan kesehatan, serta ketahanan masyarakat.


Klik di sini untuk mengisi survei


Indonesia adalah laboratorium untuk berbagai riset tema-tema tersebut. Dan para peneliti Indonesia berpotensi untuk berpartisipasi dan memimpin penelitian skala besar dengan dampak global.

Namun, masih banyak peneliti Indonesia yang kesulitan berkolaborasi dengan akademisi dari berbagai negara dan disiplin ilmu, serta dengan pemangku kepentingan. Sebuah riset yang mempelajari keadaan penelitian sosial di Indonesia menyebutkan bahwa para dosen dan peneliti Indonesia kurang memiliki mobilitas akademis antarinstitusi. Padahal riset yang dibuat secara kolaboratif menghasilkan dampak yang lebih besar.

Dari pembelajaran tersebut, The Conversation Indonesia berniat untuk mengembangkan kapasitas para peneliti Indonesia dengan menyediakan alat dan jaringan untuk melakukan penelitian kolaboratif yang menjawab masalah kompleks. Tidak hanya itu, program ini juga berniat untuk melatih keterampilan peneliti dalam komunikasi dan kepemimpinan, menguatkan kemampuan mereka untuk mencari dana penelitian kompetitif, mempublikasikan penelitiannya, dan mengkomunikasikannya kepada khalayak umum.

Kami membutuhkan bantuan Anda dalam mengembangkan program fellowship ini. Jika Anda peneliti yang sedang menyelesaikan S3 atau sudah mendapatkan gelar doktor, Anda tinggal mengisi survei yang berada di tautan ini sebelum 10 Maret 2021. Jika Anda kenal dengan peneliti yang sesuai dengan kriteria yang kami cari, mohon ajak mereka mengisi survei ini.

Sebagai apresiasi kami, pengisi survei akan mendapatkan souvenir menarik dari The Conversation Indonesia. Silakan klik linknya sekarang!


Klik di sini untuk mengisi survei


Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 125,100 academics and researchers from 3,983 institutions.

Register now