Menu Fermer

Articles sur Deforestasi

Ensemble des articles

Deforestasi yang terjadi saat pandemi COVID-19 di Desa Salena, Palu di Sulawesi Tengah. NTARAFOTO/Basri Marzuki

COVID-19, keacuhan masyarakat, dan turunnya kualitas demokrasi: tiga faktor yang ancam upaya konservasi lingkungan di Indonesia

COVID-19 memiliki dampak positif dan negatif bagi lingkungan hidup di Indonesia, tapi prospek jangka panjang bagi lingkungan pasca-pandemi terlihat mengkhawatirkan.
Mangrove, seperti yang ada di Madgaskar, menyediakan banyak manfaat, seperti perlindungan dari badai dan pencegahan erosi pesisir. (Louise Jasper/Blue Ventures)

Ahli ciptakan alat pemetaan mangrove baru dan menempatkan konservasi dalam jangkauan masyarakat pesisir

Meskipun bernilai tinggi, laju penebangan mangrove cukup tinggi. Sebuah alat baru bertujuan untuk membantu komunitas menahan deforestasi mangrove dan memanfaatkan program dan pendanaan konservasi.
Seorang Polisi Kehutanan Riau mengamankan tumpukan kayu yang diduga hasil penebangan liar di areal pabrik plywood, di Pekanbaru, Riau, ANTARA/FB Anggoro/ed/hp/09

Tiga cara politikus menjarah hutan Indonesia: kebijakan pro investasi, korupsi, dan praktik klientelisme

Selama 75 tahun, hutan Indonesia mengalami kerusakan akibat kebijakan yang diambil oleh pemerintah yang saat itu berkuasa, mulai dari pro investasi, korupsi, hingga klientelisme.
Hutan Desa bisa menurunkan kemiskinan dan deforestasi jika dilakukan dengan baik. Fehmiu Roffytavare/shutterstock

Riset: Perhutanan Sosial di Indonesia mampu lindungi lingkungan dan turunkan tingkat kemiskinan

Penelitian membuktikan skema perhutanan sosial, yaitu Hutan Desa, bisa menurunkan tingkat kemiskinan, namun juga untuk menekan laju deforestasi.

Les contributeurs les plus fréquents

Plus