Menu Fermer

Articles sur Depresi

Affichage de 1 à 20 de 38 articles

Hikikomori berarti menarik diri secara ekstem dari kehidupan bermasyarakat sehari-hari. Momentum studio/Shutterstock

Hikikomori: memahami orang-orang yang memilih untuk hidup dalam isolasi ekstrem

Pengalaman traumatis (biasanya berupa rasa malu atau kekalahan) membuat banyak orang di seluruh dunia memutuskan hubungan sosial dan menarik diri dari masyarakat. Inilah hikikomori.
Seorang laki-laki sedang fokus membangun otot adalah wujud visi dari orang-orang yang ikutserta dalam gerakan Nofap.

Apakah berhenti onani bermanfaat? Seorang ahli merespons

Gerakan online yang sedang berkembang seperti Nofap meyakini bahwa berhenti onani dapat membuat kita lebih bahagia dan meningkatkan kadar testosteron.
Hampir 1 dari 5 remaja di seluruh dunia secara sengaja menlukai diri mereka setiap tahunnya. (xijian/E! via Getty Images)

Kenapa remaja melakukan self-harm? Psikolog klinis jelaskan cara membantu anak muda meredakan tekanan emosional

Riset baru menunjukkan banyak anak muda melaporkan rasa lega sesaat setelah tindakan self-harm. Tapi ada cara-cara untuk membantu remaja menggantikan perilaku melukai dengan kebiasaan yang sehat.
Sejumlah calon penumpang pesawat udara berjalan di selasar Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (2/3/2021). Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan jumlah penumpang angkutan udara domestik pada Januari 2021 sebanyak 2,34 juta orang atau mengalami penurunan bila dibandingkan dengan Desember 2020 yang sebanyak 3,7 juta orang disebabkan oleh kewajiban tes COVID-19 dan imbauan pembatasan keberangkatan. ANTARA FOTO/Feny Selly/wsj. Antara Foto

Satu Tahun Pandemi: keberpihakan pada dunia usaha yang membawa petaka

Kebijakan pemerintah yang condong pro ekonomi telah membuat Indonesia terancam terperosok depresi.
Relawan Satuan Tugas Jaga Tangga RW mengantar makanan untuk 106 warga yang menjalani karantina di Bumi Laweyan, Solo, Jawa Tengah, 27 Oktober 2020. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/hp

9 bulan pandemi: mengapa penting menemukan makna hidup di tengah penderitaan akibat COVID-19

Penderitaan akibat COVID-19 banyak dialami manusia, bagaimanakah memaknai hidup yang sedang dalam penderitaan? Pemikiran Viktor E Frankl dapat diterapkan.
Studi menunjukkan 4,75% dari remaja usia 13-18 tahun di seluruh Indonesia pernah berpikiran bunuh diri setidaknya sekali dalam setahun terakhir. Shutterstock

Merawat kesehatan mental siswa perlu lebih dari sekadar BK

Kasus bunuh diri siswi SMP 147 Jakarta Timur membuat komunitas pendidikan mempertanyakan kesehatan mental di lingkungan sekolah. Akademisi menyarankan tiga hal untuk memperbaikinya.

Les contributeurs les plus fréquents

Plus