Menu Fermer

Articles sur Depresi pada remaja

Ensemble des articles

Hampir 1 dari 5 remaja di seluruh dunia secara sengaja menlukai diri mereka setiap tahunnya. (xijian/E! via Getty Images)

Kenapa remaja melakukan self-harm? Psikolog klinis jelaskan cara membantu anak muda meredakan tekanan emosional

Riset baru menunjukkan banyak anak muda melaporkan rasa lega sesaat setelah tindakan self-harm. Tapi ada cara-cara untuk membantu remaja menggantikan perilaku melukai dengan kebiasaan yang sehat.
Studi menunjukkan 4,75% dari remaja usia 13-18 tahun di seluruh Indonesia pernah berpikiran bunuh diri setidaknya sekali dalam setahun terakhir. Shutterstock

Merawat kesehatan mental siswa perlu lebih dari sekadar BK

Kasus bunuh diri siswi SMP 147 Jakarta Timur membuat komunitas pendidikan mempertanyakan kesehatan mental di lingkungan sekolah. Akademisi menyarankan tiga hal untuk memperbaikinya.
Penggunaan gadget dengan intensitas rendah lebih baik untuk anak-anak. shutterstock.com

Mengapa waktu bermain gadget untuk anak dan remaja harus dibatasi?

Pakar memperingatkan bahwa waktu penggunaan gadget yang berlebihan meningkatkan risiko obesitas, kebugaran fisik yang rendah, kecemasan dan depresi.
Jangan biarkan remaja tenggelam dalam kesendirian. www.shutterstock.com/iphotosmile

Bahaya ide bunuh diri pada remaja bila terlambat ditangani

Hal yang lebih penting adalah program promosi dan prevensi untuk mencegah terjadinya depresi itu sendiri, yaitu memperkuat faktor protektif dan menurunkan faktor risiko pada remaja.
Ada stigma seputar gangguan emosi, yang mencegah orang mencari bantuan. Dan kebanyakan orang sering tidak tahu bahwa mereka, teman-teman atau keluarga mereka memiliki gejala depresi. www.shutterstock.com

Peran penting guru BK dalam mendeteksi depresi pada remaja

Guru bimbingan di sekolah, dokter umum, dan perawat dapat menggunakan kuesioner khusus untuk mendeteksi gejala masalah kesehatan mental pada remaja.

Les contributeurs les plus fréquents

Plus