Menu Fermer

Articles sur Islam

Affichage de 1 à 20 de 66 articles

Kelompok Muslim membakar obyek yang menggambarkan Nupur Sharma, dalam sebuah demonstrasi di Karachi, Pakistan. AP Photo/Fareed Khan

Mengapa negara-negara mayoritas Muslim cepat merespons dugaan penistaan agama, tetapi sering mengabaikan pelanggaran terhadap hak Muslim minoritas?

Seorang akademisi Islam menulis tentang bagaimana otoritarianisme yang meluas di negara-negara Islam memengaruhi kebijakan luar negeri mereka terhadap minoritas Muslim di luar negeri.
Sekumpulan anak muda berpartisipasi dalam Jakarta Climate Strike pada tahun 2019. (The Conversation Indonesia/Luthfi T. Dzulfikar)

Khalifah di bumi: bagaimana anak muda Muslim di Indonesia memperjuangkan isu lingkungan berlandaskan nilai agama

Banyak aktivis muda Muslim di Indonesia berpegang teguh pada nilai agama untuk mengemban tugas sakral untuk menjaga lingkungan. Kini “green Islam” menjadi agenda penting kaum muda dunia.
Personel polisi membawa terduga teroris menuju mobil tahanan setibanya di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, pada Maret 2021. Fauzan/Antara Foto

Memahami sisi gerakan politik Jemaah Islamiyah

Penyusupan JI ke dalam lembaga atau organisasi resmi sudah dapat dibaca melalui arah organisasi JI sejak 2010 hingga 2018 di bawah kepemimpinan Para Wijayanto.]
Indonesia mengelola jaringan madrasah (sekolah berbasis agama Islam) yang terbesar di dunia. Sekolah-sekolah ini telah berperan besar dalam memberikan akses pendidikan bagi anak perempuan, dan bisa jadi model yang baik bagi pemerintah Taliban. (ANTARA FOTO/Sahrul Manda Tikupadang)

Taliban bisa belajar dari sistem madrasah di Indonesia untuk memperluas akses sekolah bagi perempuan di Afganistan

Indonesia bisa jadi model yang baik bagi pemerintah Taliban terkait bagaimana suatu negara mayoritas Muslim maupun organisasi keagamaan dapat memperluas akses pendidikan bagi anak perempuan.
Putri Munawaroh, istri terduga teroris Hadi Susilo, saat menunggu sidang dengan agenda pembacaan vonis di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, pada 2010. Puspa Perwitasari/Antara Foto

Budaya patriarki dan doktrin keagamaan berperan penting dorong perempuan terlibat aksi terorisme

Tindakan perempuan dalam aksi terorisme masih lebih berat terkait pada posisi mereka dengan segenap situasi yang melingkupi dirinya sebagai penganut agama dan perempuan yang taat.

Les contributeurs les plus fréquents

Plus