Menu Fermer

Articles sur misinformasi

Ensemble des articles

(Unsplash/Roman Kraft)

Di balik banyak berita bombastis, bisa jadi ada klaim ilmiah yang meragukan – apa yang perlu kita waspadai saat membaca berita?

Di balik berbagai berbagai berita seringkali ada temuan riset yang meragukan, dilebih-lebihkan, atau disalahartikan. Apa yang harus pembaca waspadai ketika membaca berita yang mengandung klaim ilmiah?
Amid the COVID-19 pandemic, Southeast Asian governments not only have to deal with the virus but also with the false information surrounding it. Di tengah pandemi COVID-19, pemerintah-pemerintah di Asia Tenggara tidak hanya harus menghadapi virus, tapi juga dengan informasi palsu yang berada di sekitarnya.

Tiga tantangan pengecekan fakta di Asia Tenggara

Jumlah pengecek fakta di Asia Tenggara terbatas; pengecekan fakta menjadi tantangan yang sulit untuk ditangani,
Petugas kesehatan dan penggali kuburan memakamkan jenazah dengan protokol kesehatan COVID-19, di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tengku Mahmud Palas, Kota Pekanbaru, Riau, 4 September 2020. ANTARA FOTO/FB Anggoro/hp.

Riset: tokoh agama bisa berperan dalam cegah tindakan ambil paksa jenazah pasien COVID, ini caranya

Selain mengedukasi masyarakat, Dinas Kesehatan harus juga mengedukasi ulama terlebih dulu tentang prosedur pemulasaraan jenazah yang terpapar COVID-19.
SCI+POP adalah sebuah proyek media sosial baru yang membagikan gambar untuk menyampaikan hasil penelitian dan tanggapan atas kebijakan tentang sains dan kesehatan. Author provided

Kolaborasi ilmuwan dan seniman membuat kebenaran lebih menarik ketimbang kebohongan

Kita memproses informasi visual dengan sangat cepat jika dibandingkan dengan teks. Kebenaran vaksinasi, genom, dan isu kesehatan lainnya lebih efektif disampaikan melalui gambar grafis.

Les contributeurs les plus fréquents

Plus