Menu Fermer

Articles sur siswa

Affichage de 1 à 20 de 26 articles

Para guru dan profesor universitas sudah sangat bergantung pada tugas esai ‘sekali selesai’ selama beberapa dekade. Mengharuskan siswa untuk menyerahkan draf pekerjaan mereka adalah salah satu perubahan yang dibutuhkan. (Shutterstock)

ChatGPT dan kecurangan: 5 cara untuk mengubah cara penilaian siswa

Pendidik perlu mempertimbangkan dengan cermat ChatGPT dan perilaku curang untuk bergerak menuju sistem penilaian yang dapat memanfaatkan alat bantu AI.
Para pelajar SMA Negeri I Kupang, NTT mengikuti kegiatan belajar mengajar yang kini dimulai pukul 05.30 WITA. (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)

Masuk kelas jam 5 pagi: kebijakan yang mengabaikan riset tentang jam tidur layak remaja dan jadwal sekolah yang ideal

Para ahli sepakat bahwa jam masuk sekolah SMA yang ideal minimal pukul 8.30. Bahkan, di Inggris, menggeser waktu masuk sekolah ke jam 10.00 pagi dapat meningkatkan kualitas belajar siswa sebesar 12%.
(Shutterstock)

Merombak online learning yang “kikuk” butuh kolaborasi antara guru, siswa, dan ahli teknologi

Pengalaman online learning seorang pelajar bisa sangat “kikuk” dan berbeda dengan dunia media sosial. Hanya mencontoh gaya kelas jaman dulu ke bentuk digital tidak cukup. Perlu suatu perombakan total.
Skor membaca siswa Indonesia pada PISA 2018 masih sama persis dengan saat pertama kali mengikuti PISA pada tahun 2000. (ANTARAFOTO/LUCKY R)

Kurangnya perpustakaan dan bacaan berkualitas sebabkan Indonesia darurat literasi

Program nasional selama 15 tahun gagal atasi krisis literasi di Indonesia. Skor membaca siswa Indonesia pada PISA 2018 masih sama persis dengan saat pertama kali mengikuti PISA pada tahun 2000.
Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 8 Makassar mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer, Maret 2019. Gosulpict 1/Flickr

Menteri Nadiem “akhiri sejarah” UN dan kembalikan kuasa penilaian pada guru. Apakah mereka mampu?

Pertanyaanya, apakah guru sudah siap menerima peran dan tanggung jawab ini? Dengan kata lain, apakah guru sudah memiliki kompetensi yang memadai untuk mengaplikasikan penilaian formatif?

Les contributeurs les plus fréquents

Plus