Menu Close

Articles on Deforestasi

Displaying 1 - 20 of 33 articles

Pemandangan hutan hujan primer di desa Honitetu, Kabupaten Seram Barat, provinsi Maluku, Indonesia pada 23 Agustus 2017. (Ulet Ifansasti/CIFOR), CC BY-NC-ND.

Sejauh mana pembayaran REDD+ menguntungkan masyarakat lokal?

REDD+ adalah program PBB untuk melawan deforestasi. Namun, apakah masyarakat lokal dan masyarakat adat telah menerima manfaat yang setara?
Pemandangan udara jalan raya baru yang membelah hutan dataran rendah di Provinsi Papua. Ulet Ifansasti/Greenpeace

Riset: Sekitar 4,5 juta hektare hutan bakal hilang, terimbas proyek Trans Papua

Banyak pihak mengkhawatirkan proyek Trans Papua dibangun demi kepentingan komersial, bukan masyarakat setempat. Diprediksi akan mempercepat deforestasi, seperti yang terjadi di Sumatra dan Kalimantan.
Deforestasi yang terjadi saat pandemi COVID-19 di Desa Salena, Palu di Sulawesi Tengah. NTARAFOTO/Basri Marzuki

COVID-19, keacuhan masyarakat, dan turunnya kualitas demokrasi: tiga faktor yang ancam upaya konservasi lingkungan di Indonesia

COVID-19 memiliki dampak positif dan negatif bagi lingkungan hidup di Indonesia, tapi prospek jangka panjang bagi lingkungan pasca-pandemi terlihat mengkhawatirkan.
Mangrove, seperti yang ada di Madgaskar, menyediakan banyak manfaat, seperti perlindungan dari badai dan pencegahan erosi pesisir. (Louise Jasper/Blue Ventures)

Ahli ciptakan alat pemetaan mangrove baru dan menempatkan konservasi dalam jangkauan masyarakat pesisir

Meskipun bernilai tinggi, laju penebangan mangrove cukup tinggi. Sebuah alat baru bertujuan untuk membantu komunitas menahan deforestasi mangrove dan memanfaatkan program dan pendanaan konservasi.

Top contributors

More