Menu Close

Articles on Infeksi

Displaying all articles

Ilustrasi yang menggambarkan bakteri di sebelah kanan resisten terhadap sebagian besar antibiotik. Wikipedia

Keampuhan antibiotik menurun, lima langkahmu bisa mencegahnya

Antibiotik berbeda dengan obat lainnya seperti obat penyakit kronis atau gejala penyakit ringan pada umumnya yang bekerja dengan memodifikasi proses fisiologis di dalam tubuh.
Ilustrasi pasien tuberkulosis. Myupchar/Wikipedia

Indonesia perlu tingkatkan pendanaan tiga kali lipat untuk kendalikan tuberkulosis – inilah awal yang harus dilakukan

Indonesia merupakan negara dengan tingkat penderita TBC tertinggi kedua di dunia – tapi kurangnya pendanaan berarti tidak cukup banyak orang yang dapat didiagnosis dan diobati dengan cukup cepat.
Gejala dapat terjadi segera setelah 30 menit terpapar organisme atau toksin ini. Anton Brand/Shutterstock

Apa itu gastroenteritis dan mengapa saya tidak bisa sembuh?

1,45 juta orang meninggal akibat gastroenteritis menular setiap tahunnya. Virus seperti rotavirus, norovirus, adenovirus, dan astrovirus adalah penyebab umum gastroenteritis menular.
Seorang perawat memandang dari ruangan isolasi untuk pasien terinfeksi COVID-19 di Rumah Sakit Undata Palu, Sulawesi Tengah, 3 Maret 2020. EPA/OPAN BUSTAN

Penularan COVID-19 di Indonesia bisa tembus 11-71 ribu akhir April jika tak ada intervensi cepat

Pertumbuhan COVID-19 yang begitu cepat juga terjadi di Italia, Iran, dan Korea Selatan. Ada kemungkinan orang terinfeksi namun belum terdeteksi atau tidak melapor.
Citra mikrografik elektron transmisi (TEM) yang sangat besar dan negatif ini mengungkapkan partikel virus tipe cacar monyet tipe-M (mulberry), yang ditemukan dalam cairan vesikuler manusia. CDC/ Charles D. Humphrey; Tiara Morehead; and Russell Regnery

Penyakit cacar monyet: 4 hal yang perlu Anda ketahui supaya tak tertular

Laporan kejadian penyakit cacar monyet pada manusia di Singapura merupakan kasus pertama di Asia Tenggara, tapi kasus serupa telah banyak terjadi di negara-negara kawasan Afrika Barat dan Tengah.

Top contributors

More