Menu Close

Articles on Papua

Displaying 1 - 20 of 60 articles

Masyarakat adat Papua mengikuti karnaval budaya di Kota Sorong, Papua Barat Daya, 22 November 2023, dalam rangka memperingati Hari Otsus Papua. Olha Mulalinda/Antara Foto

Pengungsi internal di Papua hadapi kerentanan berlapis - 3 langkah mengoptimalkan perlindungan sosial bagi mereka

Pengungsi internal di Papua berhadapan dengan kerentanan berlapis selama mengungsi akibat hambatan struktural maupun kultural. Ini 3 rekomendasi untuk memperbaikinya.
Salah satu Mama Papua terlibat dalam pembelajaran di kelas dengan berbagi cara pembuatan Noken, tas tradisional khas Papua, kepada siswa. Murni Sianturi/The Conversation Indonesia.

3 cara agar pendidikan di Papua mencerminkan nilai-nilai dan budaya lokal dengan lebih baik

Mama Papua (orang tua siswa) diundang untuk membagikan cara pembuatan noken, tas tradisional Papua, di depan kelas. Siswa antusias bertanya jawab dengan Mama dan mencatat informasi yang disampaikan.
Masyarakat lokal Papua menampilkan pertunjukkan tari daerah dalam Festival Danau Sentani. Antara Foto

Riset: Disinformasi pro-pemerintah mendominasi debat di Twitter tentang otonomi khusus Papua

Riset terbaru kami menunjukkan bagaimana disinformasi yang mempromosikan narasi pro-pemerintah tentang otonomi khusus Papua membanjiri Twitter sejak Februari 2021.
Petugas imunisasi, Mirnawati, memberikan vaksin politio di Papua Barat pada 2019 setelah terkonfirmasi kasus polio di sana. WHO /Z.Khan

Bagaimana caranya agar Indonesia bisa mempertahankan status bebas polio?

Pemerintah daerah harus mengupayakan persyarataan sertifikasi vaksinasi internasional untuk virus polio bagi semua pelintas di semua perbatasan untuk semua usia.
Pemandangan udara jalan raya baru yang membelah hutan dataran rendah di Provinsi Papua. Ulet Ifansasti/Greenpeace

Riset: Sekitar 4,5 juta hektare hutan bakal hilang, terimbas proyek Trans Papua

Banyak pihak mengkhawatirkan proyek Trans Papua dibangun demi kepentingan komersial, bukan masyarakat setempat. Diprediksi akan mempercepat deforestasi, seperti yang terjadi di Sumatra dan Kalimantan.

Top contributors

More