Menu Close
Tembakan jarak dekat dari kunci logam yang dimasukkan ke dalam kunci.
Kedalaman lembah pada kunci bertindak seperti kode yang harus cocok dengan kuncinya. Robin Smith/The Image Bank via Getty Images

Curious Kids: Bagaimana kunci dibuat dan bekerja?

Bagaimana kunci dibuat dan bekerja? – Noli, age 12, Wisconsin, Amerika Serikat


Pernahkah kamu bertanya-tanya bagaimana kunci bekerja? Saya mengajarkan kursus keamanan komputer tempat kita mempelajari cara kerja kunci – dan juga cara kunci dapat dibobol. Kami melakukan ini karena kunci mengajarkan prinsip-prinsip penting tentang keamanan secara umum.

A ruler is next to a key. Red arrows show how the key's intendations are evenly spaced.
Jarak lembah adalah kuncinya. Scott Craver, CC BY-ND

Jika kamu melihat kunci lebih dekat, kamu akan melihat tepi atasnya memiliki sekumpulan lembah berbentuk V. Jika kamu memeriksa kunci lebih dekat, mungkin dengan penggaris, kamu akan melihat dasar lembah ini memiliki jarak yang sama. Kedalaman lembah mengkodekan urutan yang diterima oleh kunci, dengan masing-masing lembah menyumbangkan satu nilai untuk kombinasi tersebut.

Di dalam kunci ada silinder – bagian yang bergerak saat kamu memasukkan kunci dan memutarnya. Kunci hanya dapat berputar jika semua lembahnya memiliki kedalaman yang tepat untuk kunci khusus yang kamu punya.

Tapi bagaimana kunci yang kamu punya akan mendeteksi apakah lembah kunci kamu memiliki urutan kedalaman yang tepat?

A lock with its inner-workings exposed. Labeled are the shafts, pins and cylinder.
Mengintip bagian-bagian di dalam kunci. Scott Craver, CC BY-ND

Di dalam kunci ada poros vertikal, satu di atas setiap lembah kunci. Di setiap poros adalah sepasang pin logam yang dapat dengan bebas meluncur ke atas dan ke bawah. Tergantung di mana pin berada, pin dapat memblokir silinder agar tidak berputar dan mencegah kunci terbuka. Ini terjadi setiap kali sebagian dari pin itu menempel ke dalam atau keluar dari silinder.

Side by side photos showing the inside of a lock. The left image shows pins that are too high and too low. The right image shows the pins aligned.
Agar kunci dapat dibuka, semua pin harus disejajarkan. Scott Carver, CC BY-ND

Saat kamu memasukkan kunci ke dalam gembok, pinnya jatuh ke lembah. Jika lembah terlalu tinggi, hal itu menyebabkan pin menonjol dan membuat silinder macet. Jika lembah terlalu rendah, pin tenggelam terlalu rendah dan pin di atasnya akan tenggelam ke dalam silinder dan macet. Namun, jika kunci kanan dimasukkan dengan lembah di kedalaman yang tepat, tidak ada pin yang menghalangi.

Kunci dibuat dengan menempatkan kunci kosong ke dalam mesin gerinda yang diprogram untuk mengukir lembah yang tepat. Tukang kunci juga dapat mengganti kunci dengan melepas pinnya dan memasangnya dengan yang baru agar sesuai dengan kunci yang tepat.

Dalam kaitannya dengan keamanan komputer, keamanan bergantung pada “sesuatu yang kamu tahu, sesuatu yang kamu miliki, atau sesuatu tentang kamu”. Kata sandi adalah contoh dari sesuatu yang kamu ketahui. Kunci adalah contoh dari sesuatu yang Anda miliki. Sidik jari akan menjadi contoh dari sesuatu tang berkaitan tentang kamu. Tetapi seperti yang kamu bisa lihat, kunci juga sangat mirip dengan kata sandi, hanya kunci berbentuk sepotong logam.

Untuk alasan ini, kamu tidak boleh memposting gambar kunci rumah kamu di internet. Itu seperti memposting gambar kartu kredit atau kata sandi – dan seseorang dapat menggunakan foto itu untuk menggandakan kunci.

Kamu juga dapat membuka kunci atau “mengambil” kunci tanpa kunci. Dengan menggeser sepotong logam tipis ke dalam silinder dan dengan lembut mendorong pin ke arah yang benar satu per satu, kunci dapat dibuka. Namun, dibutuhkan keterampilan dan latihan untuk melakukan ini.

Apa yang kita dapat kemudian simpulkan terkait keamanan? Pertama, kita harus merahasiakan kunci dengan membuat jumlah kemungkinan kunci yang sangat banyak, sehingga kunci yang benar sulit ditebak atau dibuat. Itu sama dengan kata sandi. Kedua, penting untuk merekayasa kunci atau program komputer yang mengharuskan setiap kunci atau sandi harus benar-benar tepat.

Penting untuk mempelajari cara kerja kunci dan program komputer untuk memahami desain yang bisa memungkinkan seseorang untuk memecahkannya.


Apakah kamu punya pertanyaan yang ingin ditanyakan ke ahli? Minta bantuan ke orang tua atau orang yang lebih dewasa untuk mengirim pertanyaanmu pada kami. Ketika mengirimkan pertanyaan, pastikan kamu sudah memasukkan nama pendek, umur, dan kota tempat tinggal. Kamu bisa:


Arina Apsarini dari Binus University menerjemahkan artikel ini dari bahasa Inggris.

This article was originally published in English

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 181,000 academics and researchers from 4,921 institutions.

Register now