Menu Close
Perempuan lanjut usia melepas kacamata hitam berwarna merah muda

Curious Kids: mengapa kita menjadi tua?

Mengapa manusia menjadi tua? – Emily, usia 8, Victoria, Australia

Itu pertanyaan yang bagus, Emily!

Siapa yang menurutmu sudah tua? Apakah seseorang yang lebih tua dari kamu, seperti kakak laki-laki atau perempuan yang menyebalkan? Apakah itu ibumu? Kakekmu? Seseorang dengan kulit keriput?

Atau seseorang yang mungkin sudah berulang tahun berkali-kali dan masih bersenang-senang?

Mungkin kamu mengenal seseorang yang lebih tua yang suka menggunakan aplikasi TikTok. Mungkin mereka suka menari dan bersepeda atau mungkin mereka menertawakan lelucon yang sama seperti kamu?

Anda tahu, cara orang-orang mengartikan menjadi tua dapat berbeda-beda. Jika seseorang telah banyak berulang tahun, mereka mungkin tidak benar-benar merasa tua.

Pemerintah mungkin menyebut mereka tua dan berharap mereka untuk berhenti bekerja atau pensiun. Meski begitu, mereka tidak merasa tua.

Bahkan, beberapa orang yang terus bertambah umur mempelajari hal baru, tidak pernah berhenti bekerja, dan memiliki petualangan-petualangan yang hebat di kehidupan mereka.

Tentu saja, beberapa orang yang lebih tua, seperti beberapa orang yang lebih muda, dapat merasa kesepian. Mungkin mereka juga memiliki beberapa masalah kesehatan, seperti sakit lutut yang membuat mereka tidak dapat berjalan sejauh dan secepat saat mereka muda.

Walau demikian, mereka tetap dapat melakukan hal-hal yang mereka inginkan, berumur panjang, dan hidup sehat dan bahagia.

Kita telah membahas banyak hal, seperti kata “tua” yang memiliki arti berbeda bagi banyak orang. Tidak semua orang merasa atau berperilaku “tua.” Namun, beberapa orang melakukannya.


Read more: Curious Kids: why do older adults get shorter?


Mengapa orang menjadi tua?

Saya akan memberi dua jawaban.

Saya dapat mengatakan bahwa menjadi tua terkait dengan tubuh manusia. Ketika orang bertambah tua, sel-sel tubuh mereka mungkin tidak bekerja dengan cara yang sama. Ini bisa menjelaskan mengapa beberapa orang tua terkena penyakit seperti kanker. Saya juga dapat mengatakan bahwa beberapa bagian tubuh mereka sedikit lemah dan mungkin tidak berfungsi dengan baik. Itu sebabnya beberapa orang tua tidak dapat mendengar dengan baik.

Seorang kakek menggenggam tangan cucunya sambil berjalan
Orang tua dapat membantu kita mempelajari keterampilan baru. RODNAE Productions/Pexels, CC BY-SA

Namun, ada jawaban lain yang mungkin perlu kamu pikirkan.

Kita mengetahui bahwa kebanyakan orang tua sibuk melakukan sesuatu dan sering membantu keluarga mereka. Kakek dan nenek kamu bahkan mungkin menjemput kamu dari sekolah atau mengajari cara membuat kue yang enak.

Jadi, mungkin alasan manusia bertambah tua, setelah semua ulang tahun itu yang pernah mereka lewati, adalah untuk membagikan semua hal menakjubkan yang telah mereka pelajari selama ini.

Mungkin alasan sebenarnya adalah untuk membantu orang-orang yang lebih muda saat mereka bertambah tua.


Apakah kamu punya pertanyaan yang ingin dikembangkan ke ahli? Minta bantuan ke orang tua atau orang yang lebih dewasa untuk mengirim pertanyaanmu pada kami. Ketika mengirimkan pertanyaan, pastikan kamu sudah memasukkan nama pendek, umur, dan kota tempat tinggal. Kamu bisa:


Zalfa Imani Trijatna dari Universitas Indonesia menerjemahkan artikel ini dari bahasa Inggris.

This article was originally published in English

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 178,700 academics and researchers from 4,890 institutions.

Register now