Curious kids: Seberapa jauh anjing bisa mencium dan mendengar?

Martin Valigursky Shutterstock. from www.shutterstock.com

Seberapa jauh anjing bisa mencium dan mendengar? Georgina, 8 tahun, dari Warrawee, New South Wales.


Pertanyaan yang bagus, Georgina. Kita tahu dan belajar tentang dunia di sekitar melalui indera.

Anjing memiliki indera penciuman dan pendengaran yang membuat mereka merasakan dan mengalami dunia secara berbeda dari kita.

Anjing memiliki lebih banyak reseptor penciuman daripada manusia, reseptor adalah bagian dari hidung yang mengenali setiap partikel bau yang unik.

Anjing juga memiliki area permukaan di hidung lebih luas dan lebih baik dalam menggerakkan udara melalui hidung mereka daripada kita. Lihat saja cara anjing mengendus.

Jika lebih banyak udara melewati hidung mereka, mereka memiliki lebih banyak kesempatan untuk mencium bau.

Anjing memiliki indera penciuman yang jauh lebih baik daripada kita. Flickr/Redfishingboat (Mick O), CC BY-NC

Seberapa jauh anjing bisa mencium bau tergantung banyak hal, seperti angin dan jenis aroma. Dalam kondisi sangat baik, mereka telah mampu mencium benda atau orang sejauh 20 kilometer (km).


Read more: Curious Kids: why might you wake up without a voice?


Menarik juga untuk diketahui bahwa anjing bukan satu-satunya pencium yang hebat. Spesies anjing masuk dalam keluarga karnivora, ini termasuk kucing, beruang, dan sigung.

Hewan-hewan ini juga memiliki indera penciuman yang luar biasa. Beruang memiliki indera penciuman terbaik di keluarga karnivora, beruang kutub dapat mencium bau anjing laut yang mereka buru dari jarak lebih dari 30 km.

Itu bau apa ya? Beruang kutub dapat mendeteksi singa laut dari jarak 30 km. Incredible Arctic/Shutterstock

Bagaimana rasanya jika kamu bisa tahu hanya dengan mencium bahwa sahabat kamu ada di kamu sebelah, tanpa perlu melihat?

Tidakkah kamu ingin tahu di mana orang tua kamu menyembunyikan cemilan favorit kamu hanya dengan mengendus?

Anjing pendeteksi

Penciuman yang luar biasa ini membuat anjing dapat melakukan salah satu pekerjaan paling menarik bagi hewan: anjing pendeteksi.

Anjing pendeteksi membantu tim SAR (search and rescue) untuk menemukan orang hilang, mencari bahan berbahaya seperti narkoba dan bom, barang-barang ilegal yang diimpor di bandara, dan membantu mencari hewan liar.

Semua itu dilakukan dengan hidung mereka, yang membuat anjing menjadi salah satu pengendus terbaik di dunia.

Endus-endus, anjing ini tidak sedang memperhatikan warna koper. New Africa/Shutterstock

Bahkan anjing peliharaan pun senang permainan yang menggunakan bau.


Read more: Curious Kids: Why is our dog so cute?


Satu hal yang mungkin masih membingungkan adalah mengapa walau anjing memiliki indera penciuman yang hebat, mereka suka mencium hal-hal yang menjijikkan, seperti pantat anjing lainnya. Itu penjelasan untuk lain waktu.

Mendengar jauh

Sekarang kita tahu anjing bisa mencium banyak hal dari jauh, bagaimana dengan pendengaran mereka? Apa yang bisa didengar anjing dan seberapa jauh? Untuk mengetahuinya, pertama-tama kita harus memahami tentang apa yang anjing dan semua hewan (termasuk kita) dengar: frekuensi suara.

PERINGATAN: Jangan didengarkan dengan headphones.

Suara memiliki gelombang; frekuensi suara adalah seberapa dekat jarak antar gelombang suara itu. Semakin dekat jarak antar gelombang, semakin tinggi frekuensi atau nada. Kita bisa menganggap ketika laut sedang angin kencang dan ombak lebih sering menghantam pantai.

Anjing dan manusia mampu mendengar suara berfrekuensi rendah dalam jangkauan yang mirip, yaitu sekitar 20Hz. Tapi pada frekuensi suara yang tinggi, anjing bisa mendengar hingga 70-100kHz, jauh lebih baik dibanding manusia orang yang hanya 20kHz.

Anjing mendengar frekuensi suara setidaknya tiga kali lebih tinggi dibandingkan manusia.

Kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana cara kerja peluit khusus anjing? Peluit ini mengeluarkan suara frekuensi tinggi yang tidak bisa kita dengar, tapi bisa didengar anjing. Karena anjing dapat mendengar frekuensi yang lebih tinggi daripada kita, ada lebih banyak suara yang bisa didengar anjing.

Mereka juga dapat mendengar suara yang lebih lembut atau lebih jauh, hingga jarak satu km. Ini berarti anjing bisa lebih sensitif terhadap suara keras. Inilah sebabnya beberapa anjing takut kembang api atau petir. Itu juga alasan kenapa seekor anjing dapat menggonggongi suara yang tidak bisa kita dengar.

Menegakkan telinga

Salah satu alasan anjing dapat mendengar dengan baik berhubungan dengan otot-otot telinga mereka. Anjing memiliki lebih dari selusin otot yang memungkinkan mereka memiringkan, mengangkat, dan memutar setiap telinga secara terpisah.

Ini membantu anjing menemukan dari mana suara datang. Ini juga alasan dari mengapa anjing memiringkan kepala ke beberapa suara. Polisi yang menggunakan anjing mengatakan bahwa kalau telinga anjing bergerak fokus pada suatu tempat, itu berarti anjing telah menemukan tersangka.

Dengar nggak? Anjing polisi ini telah menemukan sesuatu. ChiccoDodiFC/Shutterstock

Memiliki pendengaran yang bagus juga membantu anjing dalam pekerjaan lain yang menarik: anjing penolong. Anjing penolong bekerja dengan orang-orang yang membutuhkan bantuan dalam kehidupan sehari-hari mereka, seperti mereka yang buta atau tuli.


Read more: Why dogs don’t care for being groomed (and for the love of dog don’t snip their whiskers)


Pendengaran yang sangat baik membuat anjing bisa mengidentifikasi orang yang tiba di rumah atau lalu lintas. Dengan pendengaran yang begitu hebat, anjing dapat membantu orang yang membutuhkan untuk bergerak!

Mempelajari indera adalah cara yang bagus untuk belajar tentang semua hewan. Seperti apa indera mereka? Bagaimana hal itu membantu mereka melihat dunia secara berbeda dengan kita?


Agradhira Nandi Wardhana menerjemahkan artikel ini dari bahasa Inggris

This article was originally published in English

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 109,000 academics and researchers from 3,578 institutions.

Register now