Menú Close

Artículos sobre Bumi

Mostrando 1 - 20 de 38 artículos

Buatlah permintaan! Shuttershock

Kenapa ada ‘bintang jatuh’?

Bintang jatuh bukanlah bintang. Bintang jatuh adalah petualang ruang angkasa yang secara tidak sengaja mengembara di langit dan tersedot ke arah kita oleh gravitasi Bumi.
Ada banyak bukti yang dapat membantu menjelaskan mengapa Bumi berputar, dan ada juga beberapa misteri besar. Jose Luis Pelaez Inc/DigitalVision via Getty Images

Mengapa Bumi berputar?

Mengapa Bumi berotasi? Seorang astronom menjawabnya dengan berkeliling alam semesta untuk mempelajari kelahiran bintang dan planet serta bagaimana mereka berputar.
Delapan planet, termasuk Bumi, berputar mengelilingi Matahari. Illustration by Tobias Roetsch/Future Publishing via Getty Images

Bagaimana planet-planet terbentuk?

Awalnya, planet berasal dari awan gas dan debu yang disebut nebula. Ketika nebula menjadi cukup padat, gravitasi akan membentuk inti yang sangat padat.
‘Earthrise,’ foto Bumi yang diambil oleh astronot Apollo 8, Bill Anders, pada 4 Desember 1968. NASA/Bill Anders via Wikipedia

Bumi semakin panas: berapa lama Bumi akan bertahan?

Bumi tidak akan ada untuk selamanya, tapi Bumi sudah ada di sini selama empat miliar tahun sebelum manusia tiba. Masih ada beberapa miliar tahun lagi sebelum Bumi musnah.
Ilustrasi dari sebuah planet di luar tata surya. dottedhippo/iStock via Getty Images

Adakah planet lain di luar tata surya kita?

Ada miliaran galaksi di alam semesta.Terdapat miliaran bintang di setiap galaksi. Apakah mungkin di luar sana ada miliaran planet juga?
Lautan merupakan arsitek seluruh kehidupan di Bumi, menyediakan hujan dan salju yang jatuh ke daratan dan mengatur iklim. (Shutterstock)

Hari Kelautan Sedunia : Kita tidak akan bisa mencapai pembangunan berkelanjutan dengan laut yang tidak sehat

Lautan memainkan peran kunci dalam mengatur kehidupan di Bumi. Kita harus mengubah pandangan kita tentang mereka dari hanya sebagai kegunaan dan mengembangkan secara berkelanjutan.

Principales colaboradores

Más