Menú Close

Artículos sobre Kemiskinan

Mostrando 1 - 20 de 59 artículos

Warga duduk di depan rumahnya yang terendam banjir di Tirto, Pekalongan, Jawa Tengah, akibat hujan deras dan lebat disertai angin kencang pada Rabu, 22 Maret 2023. Pekalongan merupakan salah satu kabupaten di Pulau Jawa yang sering terkena banjir. ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/rwa.

Program bantuan sosial bisa membuat warga miskin lebih tangguh hadapi bencana, bagaimana caranya?

Bencana alam menghancurkan sumber daya yang dimiliki masyarakat miskin dan semakin membuat mereka terjebak dalam kemiskinan. Bantuan sosial yang sudah ada bisa diperkuat untuk memutus rantai ini.
Pengemudi becak di Yogyakarta tengah bersenda gurau dengan rekannya. Walaupun dinobatkan sebagai provinsi termiskin di Pulau Jawa, nyatanya Yogyakarta menjadi salah satu provinsi dengan tingkat kebahagiaan tertinggi di Indonesia. Irfan Zharauri/Unsplash

Belajar dari Yogyakarta: kemiskinan tidak terbatas pada pengeluaran dan pendapatan - kebahagiaan pun merupakan capaian

Dinobatkannya Yogyakarta sebagai “provinsi miskin tapi bahagia” menunjukkan adanya kekurangan dalam metode pengukuran indeks kemiskinan di Indonesia – dan metode pengentasan yang tak tepat sasaran.
Pengungsi erupsi Gunung Agung di Bali, 2018. Masyarakat rentan miskin akan dengan mudah jatuh ke garis kemiskinan ketika terjadi guncangan, termasuk bencana alam. mark chaves/unsplash

Masyarakat Indonesia masih rentan jatuh miskin, apa penyebabnya?

Kelompok rentan miskin kerap luput dari kebijakan pemerintah yang berfokus pada penanggulangan kemiskinan. Padahal, sedikit guncangan bisa membuat mereka jatuh ke bawah garis kemiskinan.
Dua anak bermain di tengah jalur kereta api Palmerah-Tanah Abang, Jakarta, Selasa (27/10/2022). Pemerintah telah mengucurkan anggaran Rp450 triliun guna merealisasikan penghapusan kemiskinan ekstrem yang mencapai 5,59 juta orang di Indonesia melalui sinergi program antar kementerian/lembaga maupun pemerintah daerah. ANTARA FOTO/SUlthony Hasanuddin/rwa

Riset: Konsumsi rokok sembunyikan 8,8 juta penduduk miskin

Terdapat hingga 8,8 juta penduduk Indonesia yang terjerat dalam kemiskinan terselubung. Data nasional tidak mendeteksi kelompok ini akibat menggelembungnya belanja tembakau rumah tangga.
Seorang warga mengambil nasi kering untuk pakan unggas di jalur kereta api Palmerah-Tanah Abang, Jakarta, Selasa (27/10/2022). World Bank memperhitungkan bahwa 13 juta populasi kelas menengah Indonesia kini hidup di bawah garis kemiskinan. ANTARA FOTO/SUlthony Hasanuddin/rwa.

Orang miskin baru Indonesia terbesar kedua di Asia, kemiskinan multidimensi harus mulai jadi perhatian.

Pengentasan kemiskinan bersandar pada acuan pengeluaran/pendapatan masyarakat. Padahal, kemisikinan multidimensi yang fokus pada kualitas hidup layak bisa jadi bukti relevan berantas kemiskinan.
Sejumlah warga dan pedagang menunggu kedatangan Presiden Joko Widodo di Pasar Pucang Anom Surabaya, Jawa Timur, Minggu (21/8/2022). Presiden Joko Widodo memberikan sejumlah bantuan kepada pedagang dan peserta Program Keluarga Harapan. ANTARA FOTO/Didik Suhartono/YU

Bagaimana bantuan tunai pancing penerima tambah anak dan makin terperangkap dalam kemiskinan

Alih-alih membantu, Program Keluarga Harapan (PKH) bisa mendorong keluarga peneruma untuk menambah anak dan terperangkap dalam kemiskinan.
Petugas kesehatan mempersiapkan alat medis di ruangan ICU Khusus COVID-19 di RSUD dr Pirngadi Medan, Kota Medan, Sumatera Utara, 3 September 2021. ANTARA FOTO/Fransisco Carolio/Lmo/aww.

Sarjana gunakan layanan dokter spesialis 10 kali lebih banyak dibanding yang tak lulus SD

Program layanan kesehatan preventif yang sudah dijalankan pada saat ini masih belum efektif dan kurang mendapatkan prioritas sehingga kenjangan terus terjadi.

Principales colaboradores

Más