Menú Close

Artículos sobre Ketahanan pangan

Mostrando todos artículos

Papan penunjuk kawasan pengolahan sagu di Desa Labela, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. Dokumentasi penulis

Sagu bisa jadi jawaban ketahanan pangan, tapi masyarakat Tolaki di Sulawesi Tenggara kesulitan memproduksi sagu secara ekonomis

Sebelum “hegemoni” beras, masyarakat suku Tolaki mengenal tanaman sagu sebagai bahan pangan pokok. Sayangnya, politik pangan membuat sagu perlahan-lahan tersisihkan.
Pemerintah menargetkan swasembada jagung pada tahun 2024 untuk mengurangi impor jagung sebesar mencapai 3,5 juta ton. ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/foc

Jangan dibatasi, impor bahan makanan bisa perkuat perekonomian dan ketahanan pangan

Pemerintah membatasi impor bahan pangan. Padahal, rentai nilai global dalam perdagangan internasional dapat membantu ketahanan pangan dan memperkuat industri makanan minuman berorientasi ekspor.
Beberapa orang mengambil paket bahan makanan gratis yang digantung di pagar rumah warga di Kelurahan Lempongsari, Gajahmungkur, Semarang, Jawa Tengah, 23 Oktober 2020. ANTARA FOTO/Aji Styawan/pras.

Pada masa pandemi, sanitasi pangan semakin penting untuk cegah kontaminasi virus corona

Bagaimana pun, pemerintah perlu mengawasi secara ketat produsen makanan dan menjamin ketersediaan pangan yang aman serta bermutu di tengah pandemi COVID-19.
Mayoritas tahu di Indonesia berbahan kedelai yang diimpor dari Amerika Serikat. Kedelai tersebut merupakan produk rekayasa genetika. ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/wsj.

Banyak orang Indonesia tidak menyadari makan tempe dari kedelai hasil rekayasa genetik AS

Mayoritas kedelai PRG diimpor dari Amerika Serikat. Walau PRG telah banyak dikonsumsi di Indonesia, ada berapa misinformasi terkait dampak produk ini yang perlu diposisikan secara benar.
Suku Marind di Papua menganggap hutan dan tumbuhan serta hewannya sebagai kerabat. Namun, hubungan multispesial yang dihargai secara budaya ini sedang terganggu oleh proyek pengembangan kelapa sawit. Sophie Chao

Bagi orang Marind di Papua, tanaman dan hewan hutan adalah keluarga. Ekspansi sawit kini sedang membunuh keluarga mereka

Suku Marind di Papua menganggap hutan, tumbuhan dan hewan sebagai keluarga. Namun, hubungan multispesial yang dihargai secara budaya ini sedang terganggu oleh proyek pengembangan kelapa sawit.
Rajungan biru (Portunus pelagicus). Peneliti Indonesia menemukan jalan menghentikan kepiting saling kanibalistik. Guillermo Guerao Serra/Shutterstock

Cara baru dan murah membudidayakan kepiting kanibal lezat

Menempatkan kepiting kecil di gelas plastik jus menyelamatkan mereka dari kanibalisme. Kepiting bisa dibesarkan bersamaan dengan ikan bandeng di satu kolam.

Principales colaboradores

Más