Menú Close

Artículos sobre Lingkungan

Mostrando 1 - 20 de 45 artículos

Di luar negeri, anak muda menjadi salah satu aktor kunci dalam aktivisme pro lingkungan. Bagaimana dengan di Indonesia? Jacob Lund/shutterstock.

Riset: antusiasme Gen Z di Jawa dan Bali pada isu lingkungan masih rendah

Meskipun beberapa penelitian menunjukkan bahwa anak muda di Indonesia peduli masalah iklim, antusiasme, pengetahuan dan kontribusi mereka ternyata masih rendah. Apa penyebabnya?
Sekumpulan anak muda berpartisipasi dalam Jakarta Climate Strike pada tahun 2019. (The Conversation Indonesia/Luthfi T. Dzulfikar)

Khalifah di bumi: bagaimana anak muda Muslim di Indonesia memperjuangkan isu lingkungan berlandaskan nilai agama

Banyak aktivis muda Muslim di Indonesia berpegang teguh pada nilai agama untuk mengemban tugas sakral untuk menjaga lingkungan. Kini “green Islam” menjadi agenda penting kaum muda dunia.
Pemerintah daerah perlu turut serta meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan degradasi lingkungan yang dapat menimbulkan bencana di tingkat lokal. Photo by Pok Rie from Pexels.

Empat tantangan pemerintah daerah dalam menjalankan program lingkungan dan pengendalian perubahan iklim

Pemerintah daerah menghadapi empat tantangan dalam upaya menghadapi perubahan iklim dan degradasi lingkungan. Pembagian kewenangan antara pemerintah pusat dan daerah perlu mendapat perhatian.
Deforestasi yang terjadi saat pandemi COVID-19 di Desa Salena, Palu di Sulawesi Tengah. NTARAFOTO/Basri Marzuki

COVID-19, keacuhan masyarakat, dan turunnya kualitas demokrasi: tiga faktor yang ancam upaya konservasi lingkungan di Indonesia

COVID-19 memiliki dampak positif dan negatif bagi lingkungan hidup di Indonesia, tapi prospek jangka panjang bagi lingkungan pasca-pandemi terlihat mengkhawatirkan.
Seorang petugas sedang berjalan di antara barisan mobil baru yang siap diekspor di Tanjung Priok, Jakarta. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/hp.

Pemotongan pajak penjualan mobil dapat berdampak buruk pada lingkungan, butuh aturan lain untuk kurangi emisi

Pemotongan pajak penjualan kendaraan dapat berbahaya bagi lingkungan karena akan mendorong semakin banyaknya kendaraan yang diproduksi.
Aktivis Greenpeace melakukan kampanye energi terbarukan dalam peluncuran kelompok penyelamatan lingkungan dengan nama “Berani”, di Silang Monas, Jakarta ANTARA/Yudhi Mahatma/pd/11

Politik dan pandemi buyarkan mimpi energi terbarukan Indonesia

Terletak di Samudra Pasifik dan garis khatulistiwa, Indonesia memiliki lumayan banyak pilihan energi terbarukan karena sumber energi matahari, air, dan panas bumi yang berlimpah, tetapi potensinya tetap belum tersentuh.

Principales colaboradores

Más