Menú Close

Artículos sobre Oligarki

Mostrando todos artículos

Penumpang menunggu kereta di depan iklan imbauan antipolitik uang yang ditayangkan di Stasiun Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis 14 Desember 2023. Uyu Septiyati Liman/Antara Foto

Menekan oligarki: 2 hal yang perlu dibenahi dalam sistem pemilu dan pembiayaan kampanye

Akar masalah utama sistem politik adalah ekspansi modal dan pemodal dalam ranah politik. Untuk mereduksinya, sistem pemilunya dan mekanisme pembiayaan politik dan kampanye harus dibenahi.
Seorang relawan (kiri) memberikan materi pembelajaran kepada murid Sekolah Dasar (SD) di Taman Katar Pusaka, Bekasi, Jawa Barat pada Maret 2021. Fakhri Hermansyah/Antara Foto

Kebijakan berbasis bukti adalah yang terbaik? Belum tentu

Dinamika kuasa yang timpang dan pemaknaan bukti yang cenderung beragam rentan membuat kebijakan malah menjadi eksklusif dan tidak berpihak pada kelompok marginal.
Seorang demonstran memberikan hormat tiga jari selama protes terhadap kudeta militer di Mandalay, Myanmar, pada awal Mei. EPA

COVID-19 di Asia Tenggara: bukan ‘sekadar’ krisis kesehatan

Tata kelola politik yang berpusat di elite dan meningkatnya halangan bagi masyarakat sipil semakin mempersulit warga Asia Tenggara di tengah krisis.
LBH terus berdiri teguh di pihak korban, dan dengan berani membela kemajuan demokrasi Indonesia, termasuk dalam unjuk rasa #ReformasiDikorupsi tahun lalu. Ari Bowo Sucipto/Antara Foto

Pada usia ke-50, LBH terus berdiri di sisi korban

Lembaga Bantuan Hukum (LBH) telah menjadi ikon bagi masyarakat sipil Indonesia dan pembela kepentingan publik yang teguh.
Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat melakukan tur kapal perang transportasi USS New Orleans pada tahun 2016. (USS Pacific Fleet/Brandon Cyr)

Riset ungkap mengapa Susi Pudjiastuti tidak menjadi menteri lagi pada periode dua Jokowi

Riset saya mempelajari mengapa Menteri Susi tidak dimasukkan lagi ke kabinet Jokowi yang ke dua. Gayanya yang keras mengasingkan banyak pihak, dan suatu koalisi bangkit untuk menjatuhkannya.

Principales colaboradores

Más