Menú Close

Artículos sobre Pendidikan

Mostrando 1 - 20 de 74 artículos

(Shutterstock)

Merombak online learning yang “kikuk” butuh kolaborasi antara guru, siswa, dan ahli teknologi

Pengalaman online learning seorang pelajar bisa sangat "kikuk" dan berbeda dengan dunia media sosial. Hanya mencontoh gaya kelas jaman dulu ke bentuk digital tidak cukup. Perlu suatu perombakan total.
Skor membaca siswa Indonesia pada PISA 2018 masih sama persis dengan saat pertama kali mengikuti PISA pada tahun 2000. (ANTARAFOTO/LUCKY R)

Kurangnya perpustakaan dan bacaan berkualitas sebabkan Indonesia darurat literasi

Program nasional selama 15 tahun gagal atasi krisis literasi di Indonesia. Skor membaca siswa Indonesia pada PISA 2018 masih sama persis dengan saat pertama kali mengikuti PISA pada tahun 2000.
Melalui Kepmendikbud yang baru diterbitkan, Menteri Pendidikan Nadiem Makarim memberikan kebebasan bagi institusi pendidikan untuk memilih satu di antara tiga pilihan kurikulum selama pandemi. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Sekolah perlu terapkan kurikulum mandiri saat pandemi - bukan “kurikulum darurat” anjuran Mendikbud Nadiem

Salah satu skema 'kurikulum darurat' anjuran Nadiem - yakni mengurangi Kompetensi Dasar dalam kurikulum - masih bias kelas. Penyederhanaan kurikulum secara mandiri oleh sekolah adalah pilihan terbaik.
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin kanker serviks kepada siswa kelas VI dalam Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di SD Negeri 8 Sumerta, Denpasar, Bali, Jumat (14/8/2020). Vaksinasi measles rubella dan kanker serviks tersebut menyasar siswa kelas I dan kelas VI di setiap sekolah dasar se-Denpasar yang dilakukan secara bertahap dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 termasuk mengatur jumlah siswa yang hadir ke sekolah. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/nym/pras. Antara Foto

KB, vaksinasi, dan SD Inpres telah bantu Indonesia kurangi kemiskinan selama 75 tahun, tapi tantangan ke depan masih banyak

Berbagai program pendidikan dan kesehatan dari pemerintah telah membuat masyarakat lebih produktif dan mengurangi angka kemiskinan.
Orang tua mengajari anaknya pelajaran sekolah di rumah selama pandemi COVID-19 di Sumba Nusa Tenggara Timur, awal April 2020. INOVASI/Author provided

Riset dampak COVID-19: potret gap akses online ‘Belajar dari Rumah’ dari 4 provinsi

Ditinjau dari provinsi, semakin terpencil provinsi tersebut, maka semakin kecil persentase siswa yang mendapatkan pembelajaran via online.
Kemampuan untuk mencapai kemahiran bahasa yang tinggi selayaknya penutur asli tidak dapat secara langsung dikaitkan dengan usia karena faktor-faktor lain, seperti aspek kognitif, sosial, dan emosional juga berpengaruh. www.shutterstock.com

Mengapa belajar bahasa Inggris sejak usia dini tidak selalu lebih baik

Baik tua maupun mereka, setiap orang yang belajar bahasa lain tampaknya memiliki peluang yang sama untuk menjadi pembicara yang sangat mahir selama mereka ditempatkan di lingkungan yang mendukung.

Principales colaboradores

Más