Menú Close

Artículos sobre Pertambangan

Mostrando todos artículos

Pemandangan udara dari genangan air garam yang perlahan menguap, meninggalkan litium dan mineral lainnya, di tambang SQM di gurun San Pedro de Atacama, di Chile utara, 18 April 2023. (AP Photo/Rodrigo Abd)

Mineral kritis itu penting, tapi penambangannya tidak boleh menghalalkan segala cara

Godaan untuk menghalalkan segala cara penambangan mineral kritis adalah kekeliruan berbahaya. Dampak sosial dan lingkungan penambangan tak berkelanjutan sangat menyeramkan.
Transisi energi ramah lingkungan yang ambisius memerlukan lebih banyak logam dan mineral yang digunakan untuk membangun teknologi energi ramah lingkungan. (AP Photo/Mary Altaffer)

Bagaimana upaya daur ulang bisa jadi solusi kelangkaan mineral untuk energi terbarukan

The demand for the minerals needed to build clean energy technology currently exceeds the available supply. If this issue continues, governments may find it hard to reach their clean energy targets.
Presiden Joko Widodo dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan di pabrik Hyundai. (Laly Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden)

Bias kota dalam solusi mobil listrik mengatasi polusi udara Jakarta

Bias kota mengakibatkan komunitas di pedesaan menanggung dampak sosial, ekonomi dan lingkungan dari kebijakan yang menopang kepentingan dan menguntungkan kelompok perkotaan serta lebih berkuasa.
Tambang PT Freeport Indonesia di Tembagapura, Papua Tengah. Pemerintah, melalui PT Inalum, resmi memiliki 51% saham Freeport pada 2018. Arfani Mujib/shutterstock

Divestasi saham tak bisa lepas dari politik. Bagaimana cara memahami motivasi elit agar tak terbawa nasonalisme sempit?

Agar tak terbuai dengan janji-janji nasionalisme dan keuntungan sementara, masyarakat perlu memahami motivaasi pengambilalihan aset asing dan mendorong langkah strategis.
Protes masyarakat di kantor Gubernur Jawa Tengah menolak proyek tambang andesit di Wadas. (Wadas Melawan)

Cuma formalitas: Riset temukan penghargaan lingkungan Nirwasita Tantra pemerintah hanya berdasarkan dokumen, bukan kenyataan

Penyusun dokumen kinerja lingkungan adalah pihak-pihak yang ditunjuk pemerintah daerah, sehingga sulit mendapati analisis yang kritis mengenai persoalan lingkungan dalam dokumen kinerja mereka.
Gambar dari udara areal tambang di Kalimantan Timur. Muhamad Muhdar

Lemahnya regulasi minerba berpotensi tingkatkan angka korban tenggelam di lubang bekas tambang

Revisi UU Minerba 2009 masih memberikan kelonggaran bagi perusahaan tambang untuk menutup lubang bekas tambang. Ini berpotensi meningkatkan angka korban kecelakaan.
Anak Ephraim Escudero memegang foto ayahnya di dekat makamnya. Ayah dua anak tersebut dibunuh dalam perang yang dilakukan pemerintah Filipina dalam melawan pengedaran narkotik. Sheerah Escudero

Pelanggaran HAM di Filipina berakibat fatal: sebuah pelajaran bagi Indonesia.

Dimulai dari perang narkoba hingga tindakan keras terhadap aktivis hak asasi manusia dan lingkungan, hidup orang filipina semakin menakutkan.

Principales colaboradores

Más