Menú Close

Artículos sobre Seni

Mostrando todos artículos

Seni konsumeris kitsch Jeff Koons di Versailles: Michael Jackson and Bubbles, 1988, patung keramik. dalbera

Apa itu postmodernisme?

Postmodernisme dipahami sebagai sebuah perspektif yang mempertanyakan ide dan nilai yang terkait dengan modernisme yang percaya pada kemajuan dan inovasi.
Cancel culture (budaya pemboikotan) telah membuat masyarakat ‘menghukum’ banyak pekerja yang terlibat dalam produksi suatu karya atau produk budaya. (Zenza Flarini/Shutterstock)

Kapan kita layak meng-“cancel” seseorang maupun karyanya akibat perilaku tercela? Simak dua pertimbangan berikut

Apakah sebaiknya kita memboikot seseorang dan karya mereka atau tidak? Berikut dua perspektif yang bisa menjadi pertimbangan tambahan dalam perdebatan panas ini.
Warga melintas di depan mural bertuliskan “Cilaka Kau Dikoyak Omnibus Law” di Surabaya, Jawa Timur. Mural karya Serikat Mural Surabaya (SMS) tersebut dibuat sebagai bentuk kritik atas disahkannya UU Cipta Kerja oleh DPR. (ANTARA FOTO/Moch Asim)

Aktivisme berbasis karya seni digital sangat ampuh di tengah pandemi: pelajaran dari negara lain

Karya seni digital membantu gerakan seperti #ClimateStrikeOnline untuk berkembang di medsos. Tiga contoh ini bisa menjelaskan mengapa karya seni bisa membangun partisipasi politik di tengah pandemi.
Lukisan tokoh manusia dari Kalimantan Timur. NB: Tokoh-tokoh manusia, awalnya berwarna merah tua, telah dilacak secara digital untuk memperbesar seni ini. Pindi Setiawan, Author provided

Temuan gua Borneo: apakah gambar cadas tertua di dunia di Asia Tenggara?

Lukisan manusia purba di gua-gua di Kalimantan Timur diyakini sebagai karya seni figuratif tertua di dunia.

Principales colaboradores

Más