Menu Fermer

Articles sur desa

Ensemble des articles

Presiden Joko Widodo dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan di pabrik Hyundai. (Laly Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden)

Bias kota dalam solusi mobil listrik mengatasi polusi udara Jakarta

Bias kota mengakibatkan komunitas di pedesaan menanggung dampak sosial, ekonomi dan lingkungan dari kebijakan yang menopang kepentingan dan menguntungkan kelompok perkotaan serta lebih berkuasa.
Pintu masuk obyek wisata Pantai Ngiroboyo yang dikelola oleh BUM Desa Sumber Makmur, Sendang, Pacitan, Jawa Timur. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi

Pemerintah perlu berikan kepercayaan dan dukungan bagi desa untuk “berbisnis”, BUM Desa berbadan hukum solusinya

BUM Desa memperkaya kanal pembangunan bagi masyarakat skala lokal dan nasional. Demi memaksimalkan potensinya, pemerintah perlu mendorong status badan hukum agar potensi bisnis desa makin berkembang.
Sejumlah warga antri untuk merekam data Kartu Tanda Penduduk Elektronik saat kegiatan Bhakti Sosial Pemerintah Aceh di Desa Bintah, Kecamatan Pasie Raya, Aceh Jaya, Aceh. ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/hp.

Memperbaiki sistem administrasi kependudukan di Indonesia harus mulai dari desa

Artikel ini akan menjelaskan bagaimana perubahan untuk mewujudkan layanan administrasi kependudukan yang lebih baik bisa dimulai dari desa.
KKN universitas selama ini seringkali hanya dijadikan syarat administratif atau formalitas kelulusan mahasiswa. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Proyek Indonesia dan Australia bantu buat KKN kampus lebih efektif di 4 provinsi

KKN universitas selama ini dianggap tidak efektif karena hanya dijadikan syarat administratif atau formalitas. Suatu program kolaborasi Indonesia dan Australia mencoba menghadirkan skema alternatif.
Menerapkani kawasan ekonomi gambut berbasis ekologi atau SPEZ cegah karhutla dan menjamin ekonomi masyarakat. Ibnu Budiman

Riset tunjukkan cara baru penyelamatan lahan gambut yang bisa menguntungkan masyarakat sekaligus mencegah kebakaran hutan

Riset menunjukkan ada cara baru yang dapat mencegah kebakaran hutan dan lahan gambut tapi bisa tetap menjamin kehidupan ekonomi masyarakat setempat.
Hutan Desa bisa menurunkan kemiskinan dan deforestasi jika dilakukan dengan baik. Fehmiu Roffytavare/shutterstock

Riset: Perhutanan Sosial di Indonesia mampu lindungi lingkungan dan turunkan tingkat kemiskinan

Penelitian membuktikan skema perhutanan sosial, yaitu Hutan Desa, bisa menurunkan tingkat kemiskinan, namun juga untuk menekan laju deforestasi.
UU Desa diharapkan membuka peluang lebih luas bagi desa dan warganya untuk membayangkan masa depannya sekaligus mewujudkannya sesuai dengan kebutuhan, keragaman, dan keunikannya masing-masing. www.shutterstock.com

Rp187 triliun ke desa: semangat baru dan praktik lama dari UU Desa

UU Desa menjanjikan perubahan besar di pedesaan tapi masih menghadapi banyak masalah dalam pelaksanaannya.

Les contributeurs les plus fréquents

Plus