Menu Fermer

Articles sur kurikulum

Ensemble des articles

Seorang pelajar menunjukkan karya air mancur dan lampu panel surya buatannya yang dipamerkan dalam gelar karya inovasi di SMA Negeri 14, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (22/1/2024). ANTARA FOTO/Makna Zaezar/foc.

Apa yang bisa dilakukan institusi pendidikan untuk menyambut era ‘green jobs’?

‘Green jobs’ akan menjadi tren global mulai 2025, tapi masih banyak generasi muda yang belum memiliki ‘green skills’ yang diperlukan. Apa yang bisa dilakukan sekolah?
Pelatihan kurikulum merdeka sekolah penggerak angkatan pertama, di Soppeng, Sulawesi Selatan. Samsu Alam/The Conversation Indonesia.

Gonta-ganti kurikulum di Indonesia: apa sebabnya?

Sejak awal kemerdekaan, kurikulum di Indonesia telah mengamali perubahan berkali-kali. Apa sebabnya? Benarkah setiap ganti pemerintah otomatis ganti kurikulum?
Murid bisa memahami agama teman-teman mereka dengan lebih baik jika mendapatkan pendidikan tentang agama-agama dunia dan cara pandang yang beragam. (Shutterstock)

Demi dunia yang aman untuk anak, sekolah perlu ajarkan tentang beragam agama dan cara pandang: berkaca dari Australia

Mengajarkan anak tentang keberagaman agama dan pandangan, terutama yang ada dalam lingkungan sosial mereka, bisa membantu meredam prasangka buruk terkait agama yang seringkali kita lihat di media.
Melalui Kepmendikbud yang baru diterbitkan, Menteri Pendidikan Nadiem Makarim memberikan kebebasan bagi institusi pendidikan untuk memilih satu di antara tiga pilihan kurikulum selama pandemi. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Sekolah perlu terapkan kurikulum mandiri saat pandemi - bukan “kurikulum darurat” anjuran Mendikbud Nadiem

Salah satu skema ‘kurikulum darurat’ anjuran Nadiem - yakni mengurangi Kompetensi Dasar dalam kurikulum - masih bias kelas. Penyederhanaan kurikulum secara mandiri oleh sekolah adalah pilihan terbaik.

Les contributeurs les plus fréquents

Plus